Nippon Paint Dukung Calon Arsitek dan Desainer Interior Indonesia Go International

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Produsen cat Nippon Paint didukung Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia kembali menyelenggarakan kompetisi arsitektur dan desain interior terbesar di Asia bertajuk Asia Young Designer Award (AYDA) 2017. Pengumuman pemenang kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 500 mahasiswa jurusan arsitektur dan desain interior dari 18 universitas di Indonesia itu dilangsungkan di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Press conference & Awarding Asia Young Designer Award 2017 di Jakarta, Jum’at (19/1/2018). Dari kiri ke kanan: Rendy Wicaksana (presenter), John Tan (CEO Decorative Paints Nippon Paints Indonesia) dan Hari Santosa Sungkari (Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Indonesia). (Foto: Dok. HousingEstate/Susilo Waluyo).

Press conference & Awarding Asia Young Designer Award 2017 di Jakarta, Jum’at (19/1/2018). Dari kiri ke kanan: Rendy Wicaksana (presenter), John Tan (CEO Decorative Paints Nippon Paints Indonesia) dan Hari Santosa Sungkari (Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Indonesia). (Foto: Dok. HousingEstate/Susilo Waluyo).

Karya dikumpulkan sejak April hingga 4 September  2017 lalu dengan tema utama “You For Tomorrow” dan fokus menciptakan ruang publik. Tema ini diangkat dalam rangka mengajak calon pelaku di industri arsitektur dan desain interior untuk mampu melihat kebutuhan masyarakat, dengan menciptakan desain visioner yang dapat memberikan manfaat secara ekonomi, sosial dan lingkungan di masa kini hingga di masa mendatang.

Seleksi karya memilih Top 6 finalis arsitektur dan desain interior untuk menghasilkan tiga pemenang dari masing-masing kategori. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain mendapat hadiah uang, para finalis juga berkesempatan kerja praktik (magang) di perusahaan arsitektur dan desainer interior di dalam dan luar negeri serta developer properti.

Perusahaan yang turut mendukung AYDA sekaligus menjadi perwakilan juri adalah Airmas Asri, ETHOSpace, Gunasland, Intiland, Sante Fe Interior Architecture, dan Urban+. “Kami berharap kompetisi ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang lebih luas kepada mahasiswa yang merupakan calon pelaku industri arsitektur dan interior di Indonesia, sehingga bisa bergerak maju dalam meningkatkan geliat industri di masa depan,” kata Jon Tan, CEO Decorative Paints Nippon Paints Indonesia, saat jumpa pers.

Tahun 2017 menjadi tahun pertama Nippon Paint menggandeng BEKRAF yang berperan dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Arsitektur dan desain interior termasuk di dalamnya. Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, menyatakan, arsitek dan desainer interior perlu didukung untuk bisa bersaing dengan pemain asing dengan cara diperkenalkan lebih banyak kepada masyarakat. “Arsitek dan desainer interior di Indonesia perlu melakukan branding seperti entitas bisnis lain, sehingga lebih dikenal dan bisa bersaing dengan arsitek dan desainer asing,” ujarnya.

Para pemenang AYDA 2017 dari Indonesia selanjutnya akan diikutsertakan pada ajang serupa di tingkat Asia yang tahun ini dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia. Program yang telah memasuki tahun ke-10 ini telah melibatkan 15 negara di Asia: Jepang, China, Hong Kong, Taiwan, India, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, Vietnam, Papua Nugini, selain Indonesia.

Melalui konsep nurturing through mentoring, para finalis AYDA akan diberikan coaching session oleh para juri sekaligus praktisi arsitektur dan desain interior, sehingga mereka berkesempatan membuka jaringan profesional. Setiap tahun AYDA diselenggarakan melalui serangkaian kegiatan, mulai dari campus road show, tahap penyisihan hingga lima besar, coaching session oleh para juri selaku praktisi, grand final dan awarding, ditutup dengan regional learning programme yang diselenggarakan secara bergantian di setiap negara peserta.

 

DAFTAR PEMENANG AYDA 2017

 

Kategori Arsitektur

Gold Award

Alfian Reza Almadjid dari Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)

 

Silver Award

Louis Raymond dari Universitas Bina Nusantara (Jakarta)

 

Bronze Award

Reagan Solihin  dari Universitas Sumatera Utara (Medan)

 

Kategori Desain Interior

Gold Award

Zulfikli Yuanata dari Institut Teknologi Bandung (Bandung)

 

Silver Award

Sylvia Agustin Irawan dari Universitas Kristen Petra (Surabaya)

 

Bronze Award

Wilson Wongso dari Universitas Bina Nusantara (Jakarta)

housing-estate.com