Bukan Kamu Aja yang Perlu Perawatan Khusus, Karpet Juga Lho…

Big Banner
Foto: Rumah123/5àsec Indonesia

   

Ga salah sih kalau kamu suka perawatan khusus tubuh sebut saja menicure, pedicure, creambath, dan lain-lainnya. Semua perawatan khusus dan rutin itu selain menjaga kecantikanmu, juga kesehatanmu. Nah, begitu pun karpet di rumahmu. Karpet memang menambah nilai estetika interior rumahmu, tapi dia juga butuh perawatan khusus untuk mendukung kesehatan para penghuni rumah.

Di rumahmu, karpet mungkin kamu gelar di lantai ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang bermain anak. Jadi, sangat riskan bukan kalau ada endapan kotoran, debu, bulu hewan, bahkan kutu atau tungau yang bersarang di karpet. Lebih-lebih kalau sampai menimbulkan bau tak sedap dan pastinya tak sehat untuk penghuni rumah. Supaya tak terjadi hal yang seperti itu, maka karpet butuh perawatan khusus.

Baca juga: Soal Bikin Kinclong Karpet, Mari Tanya Ahlinya! 

Berikut panduan menjaga kebersihan dan keawetan karpet yang disarankan oleh para profesional di bidang karpet (carpet expert):

Gunakan keset. Keset yang sederhana sekalipun akan sangat berguna untuk mengurangi tanah, pasir, dan kotoran yang masuk ke dalam rumah. Keset ini menjadi elemen penyaring pertama yang memcegah kotoran dan polutan yang menempel di karpet. Keset pun lebih mudah dibersihkan daripada karpet, bukan?

Bersihkan segera noda dan tumpahan. Bukan hanya lebih memudahkan untuk membuatnya bersih kembali sebelum noda dan tumpahan itu menempel di serat karpet, melainkan juga akan  mengurangi tingkat penyerapan noda dan tumpahan, sehingga mencegah sarang bagi berkembang biaknya  bakteri dan masalah lain yang terkait tumpahan tersebut.

Baca juga: Gini Loh… Karpet yang Pas untuk Ruangan Minimalis

Vakum setiap hari. Ya, setiap hari, walau sesungguhnya hal itu tidak cukup. Banyak yang beranggapan membersihkan karpet dengan alat penyedot (vacuum cleaner) cukup dilakukan sebulan sekali. Padahal, aktivitas keluarga setiap hari sudah tentu mengakibatkan munculnya kotoran dan bau setiap hari juga. Penggunaan penyedot setiap hari hanya membantu membersihkan kotoran, debu, remah makanan, sebelum tenggelam jauh ke serat karpet, tapi tak benar-benar bisa membuatnya lebih steril dari bibit penyakit.

Percayakan pada ahlinya. Banyak produk di pasar yang mengklaim bisa menghilangkan noda, tumpahan, dan bau, tetapi kebanyakan hanya sekadar pada permukaannya saja. Parahnya malah mendorong kotoran masuk lebih dalam. Ga ada salahnya kalau kamu mengandalkan jasa pembersihan dan perawatan karpet yang sudah berpengalaman, sebut saja 5àsec Indonesia.

Melalui salah satu layanan unggulannya, yaitu 5àsec Carpet Expert, ada solusi membersihkan karpet dengan teknologi mutakhir yang digarap jajaran staf yang sangat terlatih. Mereka memiliki metode dan teknologi paling tepat untuk membersihkan setiap jenis karpet. Metode mereka telah teruji ramah lingkungan dan ampuh untuk membersihkan debu, tungau, bakteri, rambut, dan jamur, tanpa menimbulkan kerusakan pada serat karpet.

Baca juga: Wuih, Tangga Terlihat Mewah dengan Pelapis Karpet

Gunakan pembersih yang meresap ke dalam karpet. Membersihkan karpet bagian dalam sangat penting untuk menghilangkan kotoran di bagian dalam, debu, remah, dan polutan lainnya. Namun, tak menambah masalah dengan membiarkan penggunaan bahan kimia berbahaya. Gunakan jasa perusahaan yang memberi solusi pembersihan karpet “hijau” (ramah lingkungan) seperti 5àsec.

Hindari bau busuk. Bahkan saat karpet terlihat bersih, ia bisa menyimpan bakteri berbahaya yang mengeluarkan bau tak sedap. Di 5àsec, pembersihan karpetmu akan dilengkapi dengan metode khusus yang mampu membersihkan sekaligus menghilangkan bau yang tidak sedap. Hal itu diperkuat pula dengan proses pencucian karpet yang dilakukan dalam 9 tahap pencucian. Terdiri atas measure, marking, dust removing, carpet washing, spinning, combing, drying, quality control, dan packaging.

Baca juga: Ayo, Sesuaikan Fungsi Karpet pada Ruang Keluarga Kamu

Dengan keseluruhan proses yang dikontrol oleh tenaga ahli profesional, tak mengejutkan jika 5àsec Indonesia disebut sebagai The Best Carpet Cleaning Service in Indonesia. Di tataran mancanegara, 5àsec memang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun mengembangkan berbagai metode pembersihan karpet yang terbukti jitu.

Rawat karpet Anda dengan tepat. Seiring waktu, karpet cenderung menipis di area tertentu yang sering diinjak, diduduki, direbahi atau memikul beban-benda berat macam meja, kursi, dan lemari. Di 5àsec perawatan karpet tidak hanya untuk membersihkannya, namun juga untuk tetap menjaga kualitasnya.

Eh, tahu ga? Ternyata ga semua karpet bisa dicuci dengan air lho! Jadi, proses pembersihan karpet juga kudu dipilih dengan teliti. 5àsec memiliki mesin dry-clean untuk karpet-karpet khusus. Saat ini, 5àsec Indonesia memiliki 3 tangki mesin dry-clean yang bisa menampung hingga 100 kilogram dengan panjang karpet sekitar 3 meter, supaya proses penyulingan bisa lebih cepat dan efisien. Selain itu, juga ada zero program untuk karpet-karpet yang memang tidak bisa masuk mesin. Kebutuhan karpet benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan jenis dan bahan karpet itu sendiri.

Baca juga: Karpet Bikin Ruangan Kamu Tambah Cantik Lho

Penempatan karpet. Penempatan karpet ternyata dapat memengaruhi keawetan karpet. Jangan meletakkan karpet pada posisi yang terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak dan membuat pudar warnanya secara berangsur-angsur. Sayang kan kalau karpet yang kamu beli dengan harga mahal jadi rusak karena terkena sinar matahari. Lakukan juga perubahan posisi karpet dalam jangka waktu tertentu agar bagian karpet yang sering terinjak dan terlewati tidak cepat rusak atau habis.

Penyimpanan karpet. Untuk kamu yang menggunakan karpet hanya pada waktu tertentu saja biasanya akan menyimpan karpet setelah selesai digunakan, bukan? Nah, simpan karpet kalau sudah dibersihkan, kemas karpet menggunakan plastik agar tidak ada debu yang masuk dan menempel pada celahnya.

Baca juga: Cermat Pilih Karpet yang Tepat

“Layanan 5àsec carpet expert akan membantu keluarga Indonesia menjaga kebersihan sekaligus kualitas karpet dengan menjaga kecantikan orisinalnya dengan penanganan profesional dari tenaga terlatih dan berpengalaman, serta mesin berteknologi canggih yang ramah lingkungan,” kata Direktur Operasional 5àsec Indonesia, Indra Wirawan.

Foto: Rumah123/5àsec Indonesia

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me