Rumah Dekat Sekolah Keren, Bikin Harga Jual Tinggi, Lho!

Big Banner
Ilustrasi Sekolah (Rumah123/Realestate.com.au)

Banyak faktor yang membuat harga jual sebuah rumah menjadi lebih mahal. Faktor rumah itu sendiri dan juga faktor lingkungan sekitar rumah.

Luas tanah, luas bangunan, lay out rumah, desain, jumlah kamar tidur, hingga fasilitas yang ada dalam rumah merupakan faktor dari rumah itu sendiri.

Baca juga: Didesain Ulang, Rumah Sakit Ini Mirip Taman Kanak-Kanak

Ada faktor lain yang menyebabkan nilai rumah menjadi lebih tinggi. Ya, dapat dikatakan kalau faktor ini lingkungan sekitar rumah.

Kalau kamu ingin menjual rumah kamu atau tengah mencoba menjadi agen properti, setidaknya kamu perlu mengetahui hal ini. Faktor dari lingkungan seperti apa yang menyebabkan harga jual rumah naik. Kalau kamu tidak mau mencari tahu, tentu susah untuk menetapkan harga jual yang lebih mahal.

Baca juga: Hmm, Kalau Sekolah Kayak Gini Sih, Siapa Yang Mau Bolos?

Pembeli tentu menginginkan rumah yang dibelinya itu bagus dan dekat dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Salah satu hal yang membuat pembeli mau membeli rumah lebih mahal adalah faktor kedekatan dengan sekolah.

Apakah rumah yang kamu jual dekat dengan sekolah negeri atau swasta yang bagus? Kalau iya, hal ini bisa menjadi nilai tambah.

Baca juga: Fasad Sekolah Dipasangi 12.000 Panel Solar, Bisa Ngirit Listrik 50 Persen!

Orang yang mencari rumah tentunya tidak pindah sendirian, melainkan bisa saja bersama keluarganya. Bisa jadi anak-anaknya masih sekolah dan tentunya orang tua ingin sekolah terbaik bagi putra putrinya.

Sebenarnya ini pertanyaan klasik. Apakah sekolah yang bagus bisa membuat harga rumah naik atau harga rumah yang tinggi membuat adanya kehadiran sekolah bagus.

Baca juga: Mengubah Gudang Raksasa Jadi Sekolah Guru, Wah Patut Ditiru Nih!

Terlepas dari mana yang saling memengaruhi, sesungguhnya memang ada korelasi langsung antara wilayah yang bagus dengan sekolah yang baik. Hmm, masuk akal kan?

Laman properti Realtor.com pernah membuat riset yang hasilnya menunjukkan kalau para pembeli mau membeli lebih mahal antara 1 hingga 10 persen di atas budget mereka saat membeli rumah yang dekat dengan sekolah bagus.

Baca juga: Sekolah untuk Murid Jaman Now Ini Dirancang Anti Teroris Lho!

Hasil ujian, nama besar sekolah, ukuran kelas, cara guru mengajar, jenis ekstrakurikuler, serta rasio murid dan guru menjadi beberapa faktor yang membuat orang berpikir saat menemukan sekolah yang bagus.

Hmm, ternyata dekat dengan lokasi sekolah bisa bikin harga jual rumah lebih mahal ya? Nah, kalau tahu begini, kamu cari informasi deh, sekolah SD, SMP, atau SMU favorit mana yang dekat dengan rumah yang kamu mau jual.

Baca juga: Sekolah Ini Bikin Kids Jaman Now Gemar Bereksplorasi, Penasaran?

Saat ada pembeli datang, kamu bisa mengatakan kalau lokasi rumah dekat dengan sekolah berkualitas. Pastinya pembeli akan mempertimbangkan benar faktor ini.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me