Beresin Rumah Ga Pake Lama, Yuk!

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Rumahmu bagaikan kapal pecah? Nah, membereskannya jangan ditunda lagi! Mungkin kamu masih bingung mau memulai memberskannya dari mana. Lebih-lebih kalau kamu ga punya asisten rumah tangga. Tapi, jangan khawatir! Ada kok cara singkat membereskan rumah.

Nah, berikut tips yang bisa memandu kamu agar segera membereskan rumah ga pake waktu lama:

Buang Barang yang Ga Perlu 

Singkirkan semua barang yang ga kamu perlukan, pilih barang yang masih kamu gunakan. Ruangan akan tampak lapang setelah kamu menyeleksi barang-barang yang hanya bikin sempit rumahmu. Tinggalkan barang yang kamu sukai, lalu sumbangkan barang-barang yang lainnya.

Baca juga: Bereskan Barang di Rumah, Simpan atau Buang?

Singkirkan Barang yang Lebih dari Setahun Ga Digunakan 

Seleksi barang-barangmu yang sudah satu tahun lebih ga pernah kamu gunakan. Lantas, singkirkan! Kalau kamu merasa sayang membuang barang-barang tersebut karena punya kenangan, kenapa kamu ga memotretnya saja dan menyimpannya dalam bentuk digital? Kenangan bisa juga kok kamu munculkan dari melihatnya kembali dalam album digitalmu.

Kembalikan Barang ke Asalnya 

Setiap kali kamu menggunakan barang, letakkan kembali pada tempatnya, ga pake “nanti”. Tanpa menunda-nundanya, ga akan ada barang-barang yang menumpuk dan berantakan di rumahmu.

Baca juga: Beberes Rumah Bonusnya Langsing, Mau?

Atur dan Susun Vertikal Barang

Dengan menyimpan barang-barang secara vertikal, maka ruangan akan tampak leluasa. Rak vertikal akan sangat membantu kamu menyimpan barang-barang dengan rapi.

Gunakan Kotak untuk Menyimpan Barang 

Kontainer penyimpan barang juga bisa sangat membantu. Sediakan kontainer berbeda. Masing-masing untuk mainan anak, baju yang belum disetrika, pakaian kotor, dan barang-barang lainnya.

Baca juga: Ajak Dong Anggota Keluarga Bersih-bersih Rumah

Rutin Bereskan Rumah Secara Harian 

Setiap hari, bereskan rumah dengan cepat. Cuci peralatan makan terlebih dahulu. Lantas, sapu lantai rumah. Lanjut bersihkan tempat tidur. Jika tiga hal tersebut sudah beres, rumah akan tetap terlihat rapi walau pekerjaan lain belum terselesaikan.

Kalau masih ada waktu, mulai bereskan kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan lainnya.

Bersihkan kamar mandi secara khusus. Sikat toiletmu, semprotkan juga cairan desinfektan ke seluruh lantai. Sikat dengan cepat tanpa harus berjam-jam “mengurung diri” di kamar mandi.

 

Foto: Rumah123/iStock

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me