Bingung Cari Hunian saat Pindah Kota? Ga Usah Kelesss!

Big Banner
Ilustrasi Pindah Rumah (Rumah123/Realestate.com.au)

Bagi sebagian orang, mutasi ke daerah atau kota lain tentu bisa bikin pusing. Ya, sebenarnya hal wajar kalau kamu bekerja, ada kemungkinan kamu dimutasi ke daerah lain.

Hal ini bikin pusing karena kamu harus mencari hunian baru lantaran tidak semua perusahaan menyediakan hunian untuk karyawan. Biasanya perusahaan hanya memberikan dana bagi karyawan untuk mencari rumah kontrakan, kost, atau menyewa apartemen.

Baca juga: Wah, Barack Obama dan Keluarga Bakal Pindah ke New York?

Selain pindah pekerjaan, sebenarnya pindah kota juga terjadi bagi kamu yang melanjutkan pendidikan. Mungkin kamu memutuskan kuliah di kota lain.

Kalau kamu mencari hunian di kota lain tentunya memang tidak mudah. Namun, laman properti Curbed memberikan beberapa tips agar kamu bisa menemukan hunian.

Baca juga: Tahan Dingin? Pindah Aja ke Moscow, Sewa Huniannya Murah Banget Lho

Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan riset pada pasar properti lokal. Kalau kamu dimutasi, tentunya opsi yang tepat adalah menyewa karena ada kemungkinan kamu akan dimutasi ke kota lain atau kembali lagi ke kota asal.

“Hal pertama yang sangat penting adalah berpikir tentang area mana yang menjadi pilihan kamu pindah dan pastikan untuk mempersempit wilayah pencarian,” ujar Sydney Bennet kepada Curbed. Bennet merupakan senior research associate laman properti Apartment List.

Baca juga: Baru Pindah, Coutinho Cari Teman Tinggal Bareng

Kamu bisa bertanya kepada orang yang pernah tinggal di kota itu dan bertanya soal lingkungan perumahan yang kamu tuju. Kalau kamu pindah ke kota besar seperti Surabaya, Bandung, Medan, Denpasar, atau Yogyakarta, kamu bisa mencarinya via mesin pencari Google.

Janna Raskopf, seorang agen properti yang bekerja di kantor agen Dougla Elliman memberikan masukan untuk mencarinya situs properti ataupun blog. Hmm, situs properti nomor satu di Indonesia, Rumah123 patut menjadi rujukan.

Baca juga: Ga Susah Kok Buat Beradaptasi Kalau Pindah Rumah

Namun, bagaimana kalau kamu pindah ke kota kecil seperti Mataram, Kupang, atau Palangkaraya? Bisa jadi kamu akan kesulitan mencarinya di situs properti.

Nah, kamu wajib bertanya kepada rekan sekantor yang pernah ditugaskan di sana. Pilihan lain, kamu bisa bertanya kepada teman sekolah atau saudara, siapa tahu ada yang pernah tinggal di sana.

Baca juga: Mau Tinggal di Kota Paling Nyaman Sedunia? Yuk, Pindah Rame-rame

Kamu bisa bertanya bagaimana mencari hunian yang baik dengan lingkungan yang bagus. Dia bisa memberikan rekomendasi dan juga nomor kontak orang yang memiliki hunian yang kamu inginkan.

rumah123.com