Cara Gampang Meningkatkan Rumah Tumbuh, Udah Tahu Belum?

Big Banner
Foto: Rumah123/Realestate.com.au

  

Tahu kan istilah rumah tumbuh? Biasa dikenal sebagai rumah yang berkembang atau pembangunannya bisa ditingkatkan seiring dengan kebutuhan atau ketersediaan dana. Seiring berjalannya waktu, kala penghuni membutuhkan penambahan ruang, rumah bisa ditumbuh-kembangkan.

Kalau kamu berencana mengembangkan rumah tumbuh menjadi bertingkat , berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

Baca juga: Rumah Tingkat Anti-Roboh, Syaratnya…

Untuk perencanaan penambahan lantai. Perhatikan fondasinya. Kamu dapat memperbesar dimensi fondasi. Menambah jumlah material pada fondasi cakar ayam dan kolom struktur utamanya.

Perhatikan pula besar sloof-nya, biasanya sloof rumah berlantai dua lebih besar dari dimensi sloof rumah berlantai satu. Tujuannya, agar beban yang diterima dari kolom dan dinding dapat merata ke fondasi.

Baca juga: Bangun Rumah Tingkat Ga Pake Takut Roboh

Hal yang perlu kamu ketahui, rumah tumbuh memiliki kolom dan besi tulangan yang lebih besar. Meski rumahmu satu lantai, untuk rumah tumbuh sebaiknya menggunakan kolom lebih besar dan besi tulangan yang menyesuaikan beban bangunan. Begitu pula penggunaan ring baloknya.

Agar efisien, atap rumah yang rencananya difungsikan sebagai rumah tumbuh, baiknya bisa langsung dicor plat beton. Supaya tak terlihat rumah tumbuh, perhatikan pula estetika bentuk tampilannya ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me