Rumah Tumbuh, Solusi untuk Renovasi dengan Dana Minim

Big Banner

Foto: Rumah123/Ist

Rumahmu harus direnovasi, tapi dana yang ada terbatas sekali. Gimana kalau pake konsep rumah tumbuh?

Dengan konsep rumah tumbuh, kamu bisa membangun rumah secara bertahap. Jadi, kamu ga perlu menunggu sampai dana terkumpul cukup gede. Nanti keburu habis juga kan kepake buat keperluan yang lain.

Nah, sebagai langkah awal, rencanakan pembangunan rumah mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target waktu penyelesaian. Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung.

Baca juga: Jangan Asal Kalau Pake Dana Renovasi Rumah dari Pinjaman Bank

Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya. Makanya, kamu harus memilih tukang atau pemborong profesional yang benar-benar ahli, sehingga mampu mengerjakan pembangunan rumah sesuai rencana.

Dalam konsep rumah tumbuh, kamu bisa mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap yang disesuaikan dengan anggaran. Memang hal ini bisa memakan waktu lebih lama sih, tetapi hal tersebut memberikan kesempatan buat kamu untuk lebih fokus pada setiap tahapnya. Dana yang dikeluarkan pun dapat lebih teratur dan mudah kamu pantau.

Baca juga: Renovasi Total, Budget Gak Brutal 

Bahan bangunan berkualitas tak harus mahal atau produksi luar negeri. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah, kamu bisa menggunakan bahan bangunan lokal yakni kayu, bambu, dan lainnya. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan tersebut juga lebih murah.

Untuk menerapkan konsep rumah tumbuh, sebaiknya kamu menggunakan desain tipe minimalis. Desain rumah ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, namun tetap terkesan modern dan mewah.

Baca juga: Kenapa Harus Punya Dana Renovasi? 

Sesuai dengan desainnya yang minimalis, rumah bertipe ini hemat ruang sehingga tak banyak menghabiskan bahan bangunan. Untuk memperoleh desain rumah tipe minimalis, kamu gak perlu merogoh kocek guna menyewa jasa seorang arsitek, tetapi bisa browsing di internet. Jadi kamu bisa dapat desain rumah yang kamu inginkan secara gratis.

Lakukan proses pembangunan tahap pertama tersebut sesuai dengan rencana. Hal ini penting untuk memudahkanmu membangun tahap kedua saat anggarannya sudah terkumpul lagi. Pastikan tahap pertama selesai dengan rapi, sehingga kamu bisa menempatinya dengan nyaman.

Kelak kalau kamu sudah punya dana lagi, kamu bisa membangun lagi tahapan rumah yang selanjutnya. Jadi, ga usah khawatirlah kalau dana renovasi rumahmu gak gede ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me