Dubai Akan Bangun Fasilitas Pengolah Limbah Terbesar Sedunia

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bukan Dubai namanya kalau membuat sesuatu tidak serba tertinggi atau terbesar di dunia. Yang terbaru dan akan segera dibangun adalah fasilitas pengolahan limbah yang diubah menjadi energi (waste-to-energy plant) terbesar sejagat.

(Foto: Besix)

(Foto: Besix)

Menurut Pemerintah Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pabrik itu memiliki kapasitas mengolah 1,82 juta ton limbah padat perkotaan setiap tahun dan menghasilkan energi yang sanggup menerangi 120.000 rumah atau sekitar dua persen konsumsi listrik kota itu setiap tahun.

Berlokasi di daerah Warsan, fasilitas ini berbiaya 2,5 miliar dirham UEA atau lebih dari Rp9,7 triliun. Pembangunan waste-to-energy plant itu sendiri merupakan perwujudan dari rencana Dubai yang akan mengubah seluruh tempat pembuangan sampah kotanya yang berupa landfills menjadi fasilitas daur ulang limbah menjadi energi tahun 2030.

Konstruksinya akan dimulai beberapa bulan ke depan dan ditargetkan beroperasi sebelum gelaran internasional World Expo bulan Oktober 2020. Fasilitas pengolahan akan dibangun dan dikelola dengan pola build, operate and transfer (BOT) selama 30 tahun dengan Besix Group (Belgia) dan Hitachi Zosen Inova yang berbasis di Swiss.

Pemerintah Dubai pernah mengumumkan mau membangun proyek serupa dan konstruksinya akan dimulai akhir Juni 2016. Tapi kemudian proyek ditunda yang ternyata dirancang ulang dan diperbesar kapasitasnya.

Awalnya tempat pengolahan limbah itu cuma berkapasitas 2.000 ton per hari, tapi kini jadi 5.000 ton. Energi yang bisa dihasilkan pun meningkat dari 60 MW menjadi 185 MW.

Hussain Nasser Lootah, Direktur Jenderal Pemerintah Kota Dubai, mengatakan institusinya sudah menjalin kerjasama dengan Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) untuk pembangunan fasilitas pengolahan tersebut.

Energi yang dihasilkan dari fasilitas pengolahan limbah itu akan tersambung dengan jaringan tegangan tinggi (132 KV) milik DEWA. Menurut DEWA Managing Director & CEO Saeed Mohammad Al Tayer, adanya sumber energi baru itu akan meningkatkan keamanan pasok daya listrik, tidak saja di Dubai tapi juga di seluruh UEA.

Sumber: Gulf Business

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me