Permukaan Tanah Jakarta Turun 3-18 Cm, Masih Pengen Tinggal di Jakarta?

Big Banner

 

Sebagian dari wilayah Kota Jakarta. FOTO: Rumah123/Jhony Hutapea

  

Masih pengen punya hunian di Jakarta? Kabar terbaru, penurunan tanah di Jakarta sekarang ini sudah mencapai 3-18 cm. Di setiap lokasi memang gak sama sih penurunan permukaan tanahnya.

Gedung-gedung di Jakarta disinyalir menyebabkan beban bagi lahan di Jakarta, sehingga tanah di permukaan Ibu Kota jadi turun. Ditambah adanya penyedotan air tanah yang tak terkendali, maka penurunan permukaan tanah di Jakarta mencapai 3-18 cm.

Baca juga: Emang Salah Kalau Beli Rumah di Pinggiran Jakarta?

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pengairan dan Irigasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Abdul Malik Sadat Idris. “Data geodesinya sudah cukup lengkap. Ada yang turun tiga sentimeter,  ada yang 18 cm. Tapi, ahli kami sedang meneliti lebih detail lagi untuk memprediksinya agar lebih presisi,” kata Abdul seperti dikutip Kompas.com, Kamis (1/2/2018).

Apa akibat dari adanya penurunan permukaan tanah tersebut? Salah satunya adalah banjir rob. Menurut Abdul, hal ini terjadi di Muara Baru, Jakarta Utara yang sering banjir. Di daerah ini penurunan permukaan tanah paling dalam terjadi. Tren penurunan permukaan tanah berbeda-beda di setiap lokasi.

Baca juga: Maksa Banget Sih Beli Rumah di Tengah Jakarta!

Gimana kalau penurunan permukaan tanah dibiarkan saja? Wah, penurunan permukaan tanah di Jakarta bisa mencapai 30% bisa ditanggulangi, bisa jadi pada 2050 permukaan tanah di Jakarta bisa turun sampai 30%.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah sedang membangun National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau tanggul laut di Teluk Jakarta. Tahun ini pemerintah tengah membangun tanggul lanjutan sepanjang 20 kilometer, termasuk pembangunan tanggul Muara Baru.

Baca juga: Harga Tanah di Jakarta Naik 22-33 Persen per Tahun, Beli Rumah di Bodetabek Ajalah!

Daripada kamu khawatir kondisi Jakarta yang semakin kurang daya dukungnya untuk tempat tinggal yang nyaman, gimana kalau beli hunian di kawasan Bodetabek aja? Selain harganya masih terjangkau buat kantong para milenial, ke depannya kayaknya lingkungannya pun lebih menenteramkan sebagai tempat tinggal. Tul gak?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me