Kalau Bisa Cegah Kebakaran, Kenapa Diem Aja?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

 

Kebakaran gedung masih terjadi belakangan ini di Kota Jakarta. Tercatat pada pertengahan Januari 2018, Museum Bahari, Jakarta, kebakaran. Pada 14 November 2017, terjadi kebakaran ruangan di lantai 2 Gedung Nusantara III DPR. Masih ingat pada 2016 lalu, kasus kebakaran gedung terjadi di Apartemen Parama-Jakarta Selatan, Gedung Neo Soho-Jakarta Barat, Apartemen Casa Domaine-Tanah Abang, dan Swiss Bell Hotel-Kelapa Gading di Jakarta Utara.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Apa penyebab kebakaran tersebut? Kepala UPT Museum Kebaharian Husnison Nizar menduga terbakarnya Gedung Museum Bahari disebabkan oleh hubungan arus pendek alias korsleting listrik. Sedangkan penyebab kebakaran ruangan di Gedung Nusantara III DPR juga diduga akibat korsleting pada mesin pendingin di dalam ruangan itu.

Secara umum, boleh dibilang kebakaran gedung di Jakarta terbanyak karena hubungan arus pendek. Hal ini juga dikatakan oleh Head of Marketing Communications PT Schneider Indonesia, Donald Situmorang.

“Data dari pemerintah menyebutkan hampir 70 persen kasus kebakaran gedung itu disebabkan oleh korsleting listrik,” kata Donald seperti dikutip Kompas.com, Kamis (1/2/2018).

Baca juga: 5 Kebakaran Gedung Pencakar Langit di Jakarta 

Berikut ini tips mencegah kebakaran akibat korsleting listrik:

Pastikan Menggunakan Material Listrik Berkualitas Terjamin

Stop-kontak, saklar, steker, kabel, dan sebagainya harus bermutu terjamin. Kalaupun harganya lebih mahal, yang penting aman, bukan?

Jangan Tunda Mengganti Kabel Listrik yang Rusak atau Cacat

Kalau tampak kabel yang terbuka atau terkelupas, segeralah menggantinya. Jangan sampai kabel itu terkena air atau bergesekan dengan kabel lain.

Waspadai Bau Terbakar Meksi Samar-samar dan Perangkat Listrik yang Berkedip

Kadang ada kabel atau peralatan listrik yang terbakar, tapi baunya tidak terlalu menyengat alias samar-samar semriwing. Kalau ini terjadi, segera matikan aliran listrik dan panggil tukang listrik yang bersertifikasi.

Beri Perhatian Lebih pada Peralatan Listrik yang Makan Daya Besar dan Terpasang Terus-menerus.

Peralatan yang menyala sepanjang hari biasanya kulkas. Pendingin ruangan (AC) dan mesin air kadang juga hidup berdurasi lama setiap hari. Rutinlah mengecek keamanannya.

Jangan Biarkan Stop Kontak Menumpuk pada Sebuah Sumber Listrik.

Kalau hal ini terjadi, maka hubungan arus pendek (korslet) bisa saja terjadi.

Jauhkan Peralatan Listrik dari Jangkauan Anak-anak

Banyak anak belum mengerti bahaya listik. Jadi, jauhkan anak-anak dari kemungkinan bermain dengan peralatan listrik atau dekat-dekat dengan sumber listrik.

Cegah Korsleting pada Dispenser

Matikan dispenser jika air yang tersisa hanya tinggal sebatas leher galon. Sebaiknya, segera habiskan air lalu ganti dengan galon baru yang terisi penuh. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari korsleting.

Matikan Listrik Kalau Akan Lama Meninggalkan Rumah

Kalau bangunan atau gedung akan lama ditinggalkan atau tak digunakan, maka matikan listriknya. Cabut steker sejumlah peralatan listrik. Kalau mungkin, matikan saja aliran listriknya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me