Cermat Baca Daftar Harga Yang Disodorkan di Indonesia Property Expo

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Mulai hari ini, Sabtu 3 Februari 2018, di gelar pameran property Indonesia Property Expo (IPEX)  di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta.  Ada 868 proyek yang dipasarkan , baik di Jabodetabek, Serang, Karawang, Bandung, Bali, Bintan, dll.  Ribuan tenaga pemasar  pun dikerahkan untuk  ‘merayu ‘ pengunjung membeli produk-produk yang dipamerkan. Suasana venue ramai sekali.
IPEX 2018

IPEX 2018

Untuk memenangi persaingan yang sangat ketat itu, masing-masing developer mengeluarkan promo berbeda-beda. Ada yang menawarkan uang muka atau down payment (DP) 0%,  sehingga pengunjung cukup bayar tanda jadi Rp1 juta. Jika lolos BI Checking, langsung akad kredit. “Konsumen cukup menyediakan biaya KPR yang besarnya kurang lebih 5% dari harga rumah,” kata staf marketing Riscon Realty yang menawarkan rumah bersubsidi.
Ada menawarkan rumah hanya Rp77 juta. Rumahnya seluas 22 m2 dan kavelinya ukuran 6×6 m. Adajuga yang ‘bermain-main’ angka di price list-nya sehingga terkesan murah. Misalnya salah satu perumahan di Parung Panjang.  Rumah tipe 36/60 tertera harga jualnya Rp148 juta. DP Rp8 juta, maksimum KPR yang didapat Rp140 juta. Tapi di kolom berikutnya ada biaya titipan mulai Rp29,5 juta, sehingga total kewajiban yang harus dibayar Rp37,5 juta. Biaya titipan yang dimaksud adalah pajak-pajak yang harus  dibayar konsumen (Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan ( BPHTB), dan Akta jual Beli ( AJB), termasuk pula biaya akta jual beli.
Ada juga yang menetapkan biaya pemesanan atau booking fee (BF) tidak termasuk harga jual rumah. Jadi  ketika BF dibayar tidak mengurangi harga rumah yang harus dibayarkan. Terus ada pula yang membuat syarat ketat: jika pengajuan KPR tidak disetujui maka booking fee hangus, dan  uang muka yang sudah dibayarkan akan dikembalikan 50%. Kalau harga rumahnya di bawah Rp200 juta mungkin tidak jadi soal, tapi kalau rumah dengan luas bangunan di atas 70 m2 dan DP yang dibayarkan minimal 15 persen, sungguh terasa. Misalnya harga rumah Rp1 miliar, DP saja minimal 15% atau Rp150 juta. Bila DP sudah lunas tiba-tiba tidak dapat KPR maka uang yang hangus sekitar Rp75 juta. Wow! Maka itu cermati seluruh ketentuan yang tercantum di daftar harga.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com