5 Cara Hadirkan Ketenteraman Ala Jepang di Rumahmu, Mau?

Big Banner

 

Ruang tanpa sekat yang memberikan sirkulasi udara dan cahaya secara maksimal pada tatanan ruang ala Jepang. Foto: JTB/UIG via Getty Images

  

Kalau kamu suka ketenteraman, kenapa ga memindahkannya pada gaya hunianmu. Suasana ruang yang kalem bisa dibuat dengan menatanya ala Jepang. Nah, sebelum membangun hunian ala Negeri Sakura ini, kamu sebaiknya memperhatikan dasar-dasar desainnya seperti berikut ini:

Pertama, Sumber Daya yang Efisien

Rumah ala Jepang dibangun dengan sumber daya yang efisien. Setiap ruangan dibangun dengan tujuan tertentu yang terkadang juga bersifat multifungsi. Semisal, hanya dengan melipat dan menyimpan kasu, kamar tidur bisa dijadikan ruang keluarga.

Baca juga: Metode Penyimpanan Ala Jepang Diaplikasikan untuk Apartemen di Australia

Kedua, Tonjolkan Aspek Privasi

Privasi merupkan aspek yang tak kalah penting, salah satu poin yang perlu diperhatikan kala mendesain hunin ala Jepang. Masyarakat Jepang dikenal sangat menjungjung tinggi aspek tersebut pada setiap ruangannya. Hal ini terlihat dari adanya partisi yang mengelilingi masing-masing ruangan, sehingga interiornya membentuk lorong di tengah, ruangan-ruangan di samping kanan-kirinya.

Ketiga, Gunakan Bahan-bahan Alami

Meskipun peradaban bangsa Jepang terbilang maju, namun mereka sangat menjunjung tinggi kebudayaan dan lingkungan alami. Kertas, bambu, jerami, kayu, dan sutera menjadi elemen yang menghiasi interior rumah mereka.

Baca juga: Siapa Mau Beli Rumah Kabin dari Jepang?

Ornamen tersebut bisa kamu pasang di dinding. Olahlah dinding ruangan itu dengan dekorasi cermin untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Kamu juga bisa meletakkan pot ranting di tiap sudut ruangan sebagai penegas fungsi ruang, semisal untuk ruang duduk.

Material kayu memberi kesan hangat. Kamu bisa gunakan di lantai maupun dinding. Pilih parket kayu dengan warna terang khas arsitektur Jepang. Sedangkan untuk dinding, kamu bisa membuatnya kontras dengan lantai agar tampak menonjol.

Baca juga: Punya Bathtub Ala Jepang? Wah, Unik Banget Nih

Keempat, Atur Pencahayaan

Pencahayaan dalam ruang sangat menentukan keberhasilanmu dalam menciptakan hunian khas Jepang. Gunakan saja  pencahayaan berjenis diffuse. Permainan cahaya ini dilakukan dengan membungkus sumber cahaya menggunakan kertas shoji. Alhasil, sinar yang keluar pun tampak temaram dan lembut.

Kelima, Minim Perabot

Desain gaya Jepang biasanya minim perabot, termasuk sofa atau kursi. Di sini, kamu bisa menggantinya dengan konsep lesehan. Dengan begitu ruang dudukmu tetap nyaman, pun untuk bercengkrama dengan keluarga.

Letakkan sebuah meja yang tidak terlalu tinggi. Meski tanpa sofa yang empuk, kamu bisa meletakkan bantal-bantal agar posisi duduk tetap nyaman. Variasikan bantal menjadi beberapa bentuk dan ukuran. Bentuk bantal yang beragam juga bisa jadi dekorasi yang menarik, lho.

Keistimewaan rumah tradisional Jepang memiliki ruang unik yang tidak dapat ditemukan di negara lain. Ruang unik dan serbaguna yang beralaskan tatami (sejenis tikar tebal dari jerami) ini disebut Washitsu. Foto: John S Lander/LightRocket via Getty Images

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me