Fintech Gradana Tawarkan Kredit Sewa Properti

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Meningkatnya tren generasi milenial yang menjadi wirausaha dan mulai berkeluarga, turut berkontribusi terhadap meningkatnya permintaan sewa properti (ruko, apartemen dan rumah tapak) baik untuk tempat usaha maupun tempat tinggal.

Ilustrasi

Ilustrasi

Namun, seperti halnya kesulitan menyediakan uang muka saat membeli rumah, kaum milenial yang membuka usaha sendiri juga kerap terkendala biaya sewa tempat usaha di lokasi strategis atau hunian favorit yang harus dibayar langsung untuk periode 1–2 tahun di muka. Ini menyulitkan mereka mengatur arus kas usahanya yang masih kecil.

Berkaitan dengan itu perusahaan financial technology (fintech) Gradana.co.id  meluncurkan produk terbaru GraSewa untuk membantu penyewa dalam pembiayaan sewa properti. Gradana melalui platform peer to peer lending (P2P) mempertemukan calon pemberi pinjaman (borrower/lender) atau investor dengan calon peminjam (debitur) yang layak kredit secara online.

Dengan GraSewa penyewa tidak perlu menyediakan dana sendiri untuk membayar biaya sewa 1-2 tahun di muka, tapi bisa dicicil setiap bulan. Calon penyewa bisa memilih sendiri properti yang ingin disewanya, kemudian menginformasikannya ke Gradana. Sementara ini GraSewa baru mencakup properti di megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, bekasi) dan Bandung.

“GraSewa membantu kaum milenial menekan operational cost di awal menjalankan bisnis, karena biaya sewa tempat usahanya bisa dicicil setiap bulan,” kata Freenyan Liwang, Komisaris Gradana, melalui siaran pers yang dikirim kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Sementara pemilik properti juga tidak perlu menagih biaya sewa setiap bulan ke penyewa, karena sudah menerima pembayaran di muka full dari Gradana setelah dikurangi diskon tentu saja. Dengan demikian biaya sewa yang dibayar penyewa pun sama seperti bila ia langsung membayar sendiri full di muka biaya sewanya. Pemilik properti juga bisa lebih mudah mendapatkan penyewa dengan mendaftarkan propertinya ke Gradana untuk dibiayai dengan skema GraSewa.

Saat ini GraSewa baru menyediakan kredit sewa properti untuk periode satu tahun. “Kalau ada calon penyewa yang mau menyewa enam bulan saja misalnya, Gradana tetap melayani asalkan pemilik propertinya setuju,” ujarnya.

Investasi menguntungkan

Mantan Presiden Direktur Bank Sinarmas itu menambahkan, GraSewa bisa menjadi alternatif investasi yang menguntungkan bagi pemilik uang dengan meminjamkan dananya kepada debitur yang dinilai layak melalui Gradana.

Lender bisa memulai investasi dari modal yang sangat kecil, misalnya Rp2 juta saja. Yield (pengembalian investasi)-nya per tahun mulai dari sembilan hingga 15 persenan, jauh lebih tinggi daripada bunga deposito,” jelas Freenyan.

Selain GraSewa, sebelumnya Gradana sudah lebih dulu meluncurkan produk GraDP, pinjaman uang muka pembelian rumah baru (primary) dengan tenor hingga 36 bulan.

Freenyan menyebutkan, riwayat pembayaran kredit sewa properti yang baik melalui GraSewa, bisa menjadi faktor approval credit scoring bila suatu hari debitur ingin membeli properti secara kredit melalui GraDP.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com