Dijual Rumah Supermurah Cuma Rp16 Ribu, Berminat?

Big Banner

 

Rumah-rumah seharga 1 Euro di Kota Ollolai, Sardinia, Iltalia. Foto: CNN.com

 

Ngomong soal rumah murah memang selalu menarik. Apalagi kalau harganya supermurah, cuma sekitar Rp16.000. Sebenarnya rumah tersebut dijual dalam mata uang Euro. Mau tahu berapa Euro? Cuma 1 Euro. Ya satu Euro! Menurut kurs hari ini, 1 Euro = Rp16.750,8108 atau sekitar Rp16 ribu, bukan?

Di manakah itu? Nah, ini masalahnya, lokasinya ada di sebuah kota kecil di Kepulauan Mediterania Sardinia di Italia. Nama kota itu adalah Ollolai.  Sebanyak 200 rumah dijual dengan harga 1 Euro saja. Ngiler juga ya! Eits, tunggu dulu! Kenapa dijual semurah itu?

Baca juga: Hingga 2019, Masih Akan Dibangun Lagi 4 Juta Rumah Murah

Ceritanya sih gini, pada sekitar setengah abad lalu, kota tersebut terkenal dan hanya dihuni 1.300 orang. Namun, sekarang jumlah penduduknya merosot terus. Angka kelahirannya rendah setiap tahun. Pemerintah di sana gak mau dong kotanya mati atau jadi Kota Hantu, maka Wali Kota Ollolai, Efisio Arbau, memutuskan untuk meningkatkan populasi Kota Ollolai dengan Program Rumah Murah 1 Euro.

“Kami membanggakan sejarah. Ini adalah cara saya untuk menyelamatkan tradisi unik kami agar tidak dilupakan. Saya tidak mau membiarkan kota kami mati,” kata Arbau seperti dikutip dari CNN, 31 Januari 2018, yang ditulis oleh Silvia Marchetti,

Baca juga: Mau Rumah Murah yang Bisa Diakses Via KRL Jakarta Kota-Cikarang?

Emang seperti apa sih kondisi rumah dengan harga semurah itu? Nah, ini masalahnya juga. Meski harga yang ditawarkan sangat murah, pembeli harus merenovasi rumah itu karena kondisi rumahnya ga oke banget.

Diperkirakan biaya untuk merenovasi rumah tersebut sekitar 26.000 Poundsterling atau sekira Rp494,2 juta dan pengerjaannya hingga rampung diperkirakan makan waktu 3 tahun. Pembeli rumah supermurah tersebut hanya boleh menjualnya kembali setelah 5 tahun dihuni.

Dikabarkan bahwa sudah ada 120 pemohon dari Amerika Serikat, Australia, dan Rusia. Sementara 3 rumah telah terjual.

Baca juga: Nyata! Rumah Murah untuk MBR di Bekasi Sudah Berdiri

Gimana prospek lokasi ini? Kota Ollolai punya view jempolan di seluruh Sardinia. Kota ini kesohor karena menarik pelancong yang mencari tempat menginap yang tenang dan cerah.

Puncak tertingginya yakni 1.200 meter Nodu de S’Aschisorgu (Treasure Rock) menawarkan pemandangan 360 derajat pulau yang spektakuler, sementara danau, sungai, taman, dilindungi. Pohon ek dan pohon beech di sekitarnya dikelilingi oleh tenda primitif berbentuk kerucut. Ditambah air laut yang berkilauan dari jauh. Asyiiik kan?

Baca juga: Ini Dia! Rumah Murah Rp100 Jutaan di Cikarang

Gimana cara mencapai lokasi Kota Ollolai? Kalau dengan mobil, kamu bisa melewati tebing menakjubkan Cala Gonone, dengan gua laut yang menakjubkan dan sempurna untuk snorkeling dan menyelam scuba.

Juga ada kegiatan yang bisa diikuti, sebut saja kursus pembuatan keju, pasta, dan keranjang, juga pelajaran dialek untuk membuat para pendatang baru tetap sibuk.

Berminat? Kalau ya, cepetan aja mengajukan permohonan karena tenggat waktunya hanya sampai 7 Februari 2018. Setelah pendaftaran ditutup, semua permohonan akan dievaluasi sesuai urutan penerimaannya.

 

Kondisi buruk rumah di Kota Ollolai yang perlu direnovasi. Foto: CNN.com

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me