Ini Dia Rumah Masa Depan, Rumah dengan Cetakan 3D

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh WATG (Rumah123/Daily Mail)

Biro desain asal Inggris, WATG merilis sejumlah gambar rancangan rumah masa depan. Rumah ini dibuat dari cetakan 3 dimensi atau 3D. WATG memiliki kantor di London, Inggris dan California, Amerika Serikat.

Berkat rancangan rumah ini, WATG pernah memenangkan Freedom Home Design Challenge pada 2016. Rumah ini terinspirasi dari program Case Study Program yang dikembangkan dari 1945 hingga 1966.

Baca juga: Transportasi Urban di Masa Depan Bakal Seperti Ini? Asyik, Dong…

Setelah memenangkan kompetisi ini, WATG mendapatkan hadiah 8.000 dollar AS (Rp108 juta) untuk membuatnya dalam bentuk nyata. Kompetisi ini sendiri diikuti oleh arsitek, insinyur, desainer, dan seniman.

Para peserta diminta membuat hunian kecil berukuran 56 meter persegi hingga 74 meter persegi. Desain rumah harus mempertimbangkan sisi estetika, ergonomik, konstruksi, sistem bangunan, dan struktur.

Baca juga: Google Bakal Bangun Kota Masa Depan, Wah Seperti Apa Ya?

Rumah masa depan bernama Curve Angel ini akan dibangun di Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat pada 2018 ini. Rumah ini menjadi yang pertama yang dibuat dari cetakan 3D.

Desain rumah ini memadukan bentuk kurva. Selain menggunakan cetakan 3D, rumah ini juga memanfaatkan material kaca.

Baca juga: Oman Bakal Punya Kota Masa Depan, Indonesia Kapan Ya?

Untuk membangun rumah ini, dibutuhkan 28 panel cetakan. Semuanya akan dicetak di tempat lain dan bukan di lokasi rumah. Nantinya, semua panel ini akan disatukan untuk disusun menjadi rumah.

Sayangnya, tidak diungkapkan apakah material cetakan 3D ini cukup kuat menahan beban seberapa banyak. Atau seberapa murah biaya pembangunan rumah ini.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Wah, asyik juga ya kalau material rumah hanya perlu dicetak seperti menggunakan printer. Lantas hanya perlu dipasang. Kamu mau juga rumah seperti ini?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me