5 Langkah Oke Beres-Beres Rumah Sehabis Banjir, Pengen Tahu Kan?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

   

Musim hujan tiba, banjir pun sering bertandang. Syukur kalau bukan jenis yang bandang. Risiko banjir salah satunya adalah rumah kerendam. Bisa sebatas mata kaki, betis, dengkul, paha, pinggang, bahkan ada yang sampai leher. Banjir menghadirkan keprihatinan. Selain kadang penghuni harus mengungsi, rumah pun kudu dibersihkan.

Kalau rumahmu termasuk yang kena banjir, berikut ini ada tips dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang disampaikan oleh Dr Putri Srihartaty dari Unit Transfusi Darah Pusat PMI, seperti dikutip Antaranews.com, Jumat (9/2/2018).

Baca juga: Deretan Checklist Wajib Biar Gak Beli Rumah di Kawasan Banjir

Pertama, matikan arus listrik.

Ini merupakan tindakan pertama yang harus kamu lakukan sebelum tahap bersih-bersih rumah. Dengan mematikan arus listrik, para penghuni rumah akan aman dari risiko tersengat.

Kedua, bersihkan rumah hanya dengan air bersih.

Air yang masuk ke dalam rumah saat banjir biasanya juga membawa lumpur dan berbagai jenis kotoran. Nah, untuk membersihkannya, kamu butuh air bersih. Jangan menggunakan air bekas genangan banjir untuk membersihkan perabotan rumah. Hal ini untuk mencegah kontaminasi zat-zat berisiko.

Baca juga: Atasi Banjir dengan Desain Rumah Terbuka dan Bertingkat, Mau Nyontek Ga?

Ketiga, bersihkan rumah sesegera mungkin.

Bersihkan lumpur dan sampah pasca-banjir sesegera mungkin karena bisa menjadi sumber kuman, semisal demam berdarah akibat nyamuk yang bersarang di air tergenang akibat banjir maupun penyakit akibat kotoran atau urine tikus (pes).

Keempat, memperbaiki bagian rumah yang rusak.

Tahap selanjutnya, coba kamu perhatikan dinding rumah. Bila terlihat kotor akibat lumpur bandel yang menempel, maka segera bersihkan dengan sikat dan cairan desinfektan. Jangan malas mengecat ulang kalau cat pada dinding mengelupas.

Baca juga: Rumah Panggung Bentuk Kubus Jadi Solusi Banjir

Kelima, jangan langsung menyolok peralatan listrik ke sumber listrik.

Biasanya kalau banjir perangkat elektronik juga ikut kena imbasnya. Maka itu, kamu jangan langsung menyambungkan perangkat elektronik dengan arus listrik pasca-banjir. Lebih-lebih kalau peraltan elektronik tersebut memang kena air. Agar lebih aman dan mencegah kerusakan peralatan elektronik tersebut, bawalah ke tukang servis yang andal.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me