Bikin Furnitur Kayu Bebas Jamur Tuh Gampang!

Big Banner
Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Furnitur bermaterial kayu sampai saat ini masih jadi ppilihan karena kuat dan indah. Namun, sayangnya, jamur suka banget mampir di kayu. Banyak sebab kenapa furnitur kayu berjamur. Salah satunya karena udara yang lembap.

So, untuk menghindari jamur pada furnitur kayu kesaynganmu, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan:

Pilih yang Kayunya Berpori Kecil

Kayu dengan pori-pori besar semacam particle board lebih mudah ditumbuhi jamur ketimbang yang berpori kecil. Sebagai pencegahan, sebaiknya kamu tidak menempelkan furnitur ke dinding rumah. Letakkan furnitur kurang lebih 5-10 cm dari dinding untuk memberikan celah udara agar tidak lembap.

Baca juga: Kehadiran Tangga Kayu Percantik Hunian dari Beton Ekspos dan Batu Bata

Jangan Lupa Rutin Membersihkan Rumah

Tak hanya dalam ruangan, jamur juga bisa terbawa masuk dari luar rumah. Jadi, kamu perlu rutin membersihkan seluruh ruangan rumah dan perabot. Saat kamu membersihkan perabot kayu, sebaiknya jangan pake kain basah. Pasalnya, air akan masuk ke pori-pori kayu dan berisiko membuatnya lembap.

Lancarkan Sirkulasi Udara Dalam Rumah

Sirkulasi udara yang baik mampu menekan kelembapan dalam rumah. Akan lebih baik apabila ruangan memiliki jendela atau ventilasi ke arah luar, meskipun ruangan sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC). Kamu juga bisa mengunakan perangkat tambahan semisal  dehumidifier atau exhaust fan untuk menjaga sirkulasi udara dan mengurangi kelembapan ruangan.

Baca juga: Hmm, Kayak Apa Ya Lampu Gantung dengan Pola Kayu Terbakar?

Atur Pencahayaan Rumah yang Optimal  

Selain menjaga sirkulasi udara di dalam rumah, keberadaan jendela juga menjadi jalan masuk bagi cahaya matahari alami. Dengan demikian, ruangan tidak akan menjadi lembap. Untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup, kamu juga bisa menggunakan lampu LED atau TL. Hal ini dapat membantu menjaga perabot tetap kering.

Simpan Barang Dalam Kondisi Kering

Jika furnitur kayu berupa tempat penyimpanan semisal lemari atau rak, pastikan barang-barang yang kamu simpan di sana dalam keadaan kering. Pakaian yang belum kering sempurna di dalam lemari atau sisa-sisa air pada piranti masak yang tersimpan di rak, dapat mengundang tumbuhnya jamur. Atasi dengan kemper penyerap air atau minamal kapur barus supaya tidak tumbuh jamur.

Baca juga: Percantik Furnitur Kayumu dengan Pelapis Terbaik

Oleskan Alkohol Agar Jamur Kapok Mampir

Jika perabotan kamu sudah telanjur terkena jamur, hal yang paling umum dilakukan adalah menyekanya dengan kain basah. Akan tetapi, itu belum cukup karena akan selalu ada kemungkinan jamur tumbuh kembali. Maka itu, sebelum kamu memasukkan kembali pakaian, atau gelas dan piring ke dalam tempat penyimpanan berbahan kayu, oleskanlah alkohol terlebih dahulu di permukaannya. Alkohol bisa membersihkan dan membunuh jamur, juga cepat menguap sehingga segera kering.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me