Bukan Kamu Aja yang Ga Mau Jamuran, Dinding Rumah Juga Lho!

Big Banner

Foto: Rumah123/GettyImages

 

Rumah yang berdinding mulus, tentunya jadi harapan setiap pemilik rumah, tak terkecuali kamu kan? Pasalnya, kalau ada bagian yang rembes, malah akan membuatnya lembap dan berjamur. Lebih-lebih saat musim hujan.

Selain ga sedap dipandang, kondisi dinding rumah yang seperti itu lama-lama bisa parah. Jadi kalau kamu punya masalah ini di rumah, sebaiknya segera beraksi!

Sebelum mengatasinya, ada baiknya kamu mencari tahu sumber rembesannya. Jika sumbernya berasal dari pipa ledeng, misalnya, ya  perbaiki dulu kebocora pipa ledengnya. Kalau dari talang air ya perbaiki talang airnya dulu. Kalau dari dinding luar yang terkena hujan, ya perbaiki dulu retaknya.

Baca juga: Ini Keramik Anti-Bakteri dan Jamur, Mau?

Nah, kalau sumber masalahnya sudah teratasi, barulah kamu lanjut ke tahap berikutnya yakni melenyapkan jamurnya. Simak yang berikut ini:

Mengamplas

Hilangkan lapisan jamur dengan amplas hingga dinding menjadi berpori, sehingga uap air yang ada di dalamnya bisa keluar. Untuk menghilangkan jamur sampai ke akarnya cobalah gosok bagian dinding rumah yang telah diamplas tadi dengan kaporit atau klorin. Karena kedua bahan tersebut berbau tajam dan dapat mengiritasi kulit, sebaiknya kamu gunakan kacamata pelindung dan sarung tangan karet saat melakukan bagian ini.

Diamkan dinding selama semalaman agar larutan tersebut dapat meresap ke dinding. Setelah itu kerok dan bersihkan dinding yang telah dilapisi oleh klorin atau kaporit tadi.

Baca juga: Material Gipsum Dijamin Tahan Gempa dan Bebas Jamur Lho!

Mengecat

Bila dinding sudah dikerok, lapisi dinding tersebut dengan cat berbahan dasar pelarut. Kamu dapat memulai pengecatan pada dinding dengan cat tembok biasa, dengan syarat bahwa cat berbahan dasar pelarut tersebut sudah benar-benar kering dengan sempurna.

Campurkan pelapis antibocor dengan cat tembok yang telah kamu siapkan dengan perbandingan 1:1 agar dinding rumah tidak berjamur dan rembes lagi di kemudian hari.

Sebelum kamu mengecat dinding, persiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan. Antara lain, cat tembok, cat dasar dengan waterproof, fungisida, dan amplas atau sikat.

Baca juga: Ayo, Sikat Habis Jamur di Kaca Kamar Mandi!

Tahapan mengecat ulang tembok berjamur

  1. Semprotkan fungisida ke dinding yang berjamur. Diamkan selama semalam.
  2. Gunakan amplas atau sikat untuk menggosok semua jamur.
  3. Setelah jamur hilang, gunakan sealer yang berfungsi menutup kembali bagian yang terkelupas.
  4. Setelah sealer kering, cat ulang tembokmu dengan warna sesuai warna cat tembok sebelumnya.

Cat dasar dengan waterproof sangat berguna mengatasi masalah dinding berjamur. Cat tersebut memberikan perlindungan pada lapisan antiair dan dapat mencegah rembesan air, penyebab munculnya jamur ataupun lumut.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me