Indonesia Bebas Permukiman Kumuh 2020

Big Banner


Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan kota tanpa permukiman kumuh merupakan prioritas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) hingga 2025 nanti.

“Hal ini juga sesuai dengan salah satu tujuan MDGs yaitu pada 2020 tercapai perbaikan signifikan dalam kehidupan bagi minimal 100 juta penghuni kawasan kumuh di dunia,” kata dia saat peringatan Hari Habitat Dunia 2012, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 1 Oktober 2012.

Ia menjelaskan, penanganan masalah kumuh di Indonesia dilakukan secara bersama-sama antar kementerian dan lembaga terkait dalam bidang perumahan dan permukiman. Menurut Djoko, Kementeriannya telah melakukan berbagai program kegiatan untuk menangani permasalahan kumuh, baik di perkotaan maupun pedesaan.

Ia menyatakan fakta yang ada menunjukkan bahwa kota-kota di Indonesia memberikan kontribusi sebesar 52,7 persen terhadap perekonomian nasional. “Tetapi di saat yang sama kota-kota juga menghadapi tantangan, mulai dari urbanisasi, degradasi lingkungan, dan banyaknya penduduk di kawasan permukiman kumuh,” ujar Djoko.

Menyikapi hal tersebut, Djoko melanjutkan, Kementeriannya melakukan inovasi pendekatan program yang lebih tepat guna dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada. “Termasuk pembangunan skala kota dan regional serta pemanfaatan teknologi,” ucap dia.

Sejauh ini, salah satu program penanganan permukiman kumuh yang telah dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum di wilayah perkotaan adalah Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP). Hingga tahun ini, program tersebut telah merealisasikan pembangunan permukiman di 10.999 kelurahan/desa.

Di samping itu, Kementerian Pekerjaan Umum juga melakukan pembangunan Rusunawa untuk menyediakan permukiman layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rusunawa dibangun untuk meningkatkan kualitas lingkungan permukiman melalui upaya peremajaan, pemugaran, dan relolasi. Hingga tahun ini, telah dibangun 153 twin block dari target pembangunan Rusunawa beserta fasilitas pendukungnya yang ingin dicapai hingga 2014 nanti, yakni sebesar 250 twin block.

PRIHANDOKO

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me