Pagar Bikin Rumahmu Tampak Beda, Mau Coba?

Big Banner

 

Ada rumah yang sengaja didesain tanpa pagar. Namun, biasanya orang lebih memilih yang berpagar. Kalau kamu gimana? Apa pun pilihanmu, tentunya sudah melalui pemikiran yang matang, bukan? Bagi sebagian kalangan, rumah tanpa pagar bikin mereka merasa kurang nyaman.

Selain berfungsi sebagai pembatas anatara area rumah dengan ‘dunia luar’ alias pengaman, pagar juga membuat rumah tampil beda berkat pemilihan desain dan materialnya.

Baca juga: Hmm, Pilih Material Kayu Apa Ya untuk Pagar?

Berikut ide yang bisa kamu gunakan untuk membuat pagar rumah menjadi lebih atraktif dan asri:

Gunakan tanaman rambat.

Tanaman rambat pada pagar bikin rumah berkesan nyaman dan ramah. Warna hijau yang ditonjolkan tanaman akan menampilkan kesan bahwa rumahmu ga membatasi diri secara berlebihan.

Unsur alami berkat tanaman akan menambah kesejukan dan memunculkan suasana asri rumah yang berkesan nyaman untuk ditinggali. Udara yang bersih juga dapat kita peroleh karena tanaman merambat dapat menghasilkan oksigen yang memberikan udara segar di sekitar rumah. Lebih-lebih kalau rumahmu berada di tepi jalan raya.

Baca juga: Tanaman Apa Saja Sih Yang Cocok Dijadikan Pagar?

Untuk membuat pagar tanaman tidaklah sulit. Ada dua pilihan yang bisa kamu aplikasikan:

Pertama, dengan menutupi semua pagar dengan tanaman yang dirambatkan sehingga tampilan akhirnya  ‘menyembunyikan’ pagar rumahmu.

Kedua, menutupi setengah pagar rumah dengan tanaman dan memperlihatkan setengahnya lagi secara alami. Memadukan unsur alami biasa dengan menggunakan jenis pagar kayu ataupun batu alam, kamu tinggal memilih sesuai selera.

 

Foto: Rumah123/iStock

 

Kombinasikan dengan kayu.

Kalau kamu ingin memadukan pagar dengan kayu, sebaiknya gunakan jenis kayu ulin. Sedangkan untuk menambah kesan natural, kamu bisa memadukan dengan penambahan batu jenis candi, paliman, dan paras.

 

Foto: Rumah123/iStock

 

Tambahkan dekorasi unik.

Biasanya pagar dijadikan penutup gerbang utama dalam rumah. Fungsinya hanya sebagai penjaga terdepan dari lingkungan. Tampilannya dibiarkan sealami mungkin. Namun, saat ini sudah banyak cara untuk memberikan dekorasi yang unik pada pagar. Kamu bisa memilih ornemen atau aksesori unik sesuai karaktermu sebagai pemilik rumah.

Foto: Rumah123/iStock

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me