Ada 10 Kota di Indonesia yang Bakal Jadi Kota Mandiri, Mau Tahu?

Big Banner

 

Stasiun Maja yang sedang direnovasi. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Udah tahu kan bahwa wilayah Maja di Banten sedang dalam proses pengembangan menjadi Kota Mandiri? Nah, selanjutnya, pemerintah berencana mengembangkan kota mandiri baru. Kali ini di Padang, Sumatera Barat.

Sebenarnya, merujuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, ada 10 kota yang akan dikembangkan pemerintah menjadi kota mandiri. Mau tahu ke-10 bakal Kota Mandiri tersebut? Yaitu: Maja, Padang, Palembang, Pontianak, Banjarbaru, Tanjung Selor, Makassar, Manado, Sorong, dan Jayapura.

Baca juga: 2018, Bakal Hadir Rumah Rp140 Jutaan di Citra Maja Raya, Mau?

Pengembangan Padang menjadi Kota Mandiri dikabarkan mendesak karena Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini termasuk daerah yang rawan bencana.

“Iya (setelah Maja, akan di Sumatera). Mungkin kita di Padang dulu,” kata Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (14/2/2018).

Selain pengembangan menjadi Kota Mandiri, rumah-rumah adat di Padang juga akan direvitalisasi. Presiden Joko Widodo dikabarkan sudah menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi kawasan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang. Kawasan ini merupakan cagar budaya di Kabupaten Solok Selatan.

Baca juga: Hunian TOD Maja, Kesempatan Kamu Beli Hunian Berkualitas Seharga Rp200 Jutaan

Dadang mengatakan, untuk saat ini baru ada tiga kota yang diusulkan sebagai Kota Mandiri baru, yaitu Sei Mangkei, Kayangan (NTB), Kemayoran (Jakarta), dan Sofifi (Maluku Utara). Usulan Sei Mangkei dan Kemayoran menjadi Kota Mandiri sudah muncul sejak 2015. Sementara Kayangan dan Sofifi baru muncul 2016.

Saat ini, Kementerian PUPR masih menunggu rencana besar pembangunan infrastruktur di ke-4 wilayah tersebut yang tengah digarap Badan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Baca juga: Daya Tarik Hunian Berimbang di Kota Baru Maja

Kota-kota yang sebelumnya telah masuk ke dalam RPJMN 2015-2019  tersebut sudah mulai dilaksanakan pengembangannya. Paling tidak proses pengembangan sudah tampak di Maja, Banten.

“Di sana PU telah menandatangani kerja sama dengan Pemda dan pengembang yang menguasai lahan di Maja untuk mendukung perwujudan Maja sebagai kota baru publik,” kata Dadang.

Baca juga: Pengembangan Maja Katrol Harga Lahan

Tujuan kerja sama tersebut yakni untuk menghindari ketidakteraturan pengembangan wilayah.Hal ini sekaligus untuk memudahkan dan mengefisiensikan pembangunan dan investasi infrastruktur di Maja.

Seperti diketahui, dalam mengembangkan Maja sebagai Kota Mandiri, pemerintah menggandeng sejumlah pengembang, di antaranya yakni Ciputra Group dan PT Agung Podomoro Land Tbk.

 

Wajah depan Citra Maja Raya. Saat ini harga tanah di sana sudah mencapai Rp3,9 juta per meter perseginya. (Foto: Rumah123/Citra Maja Raya).

rumah123.com