Wow, Ini Dia Nih Kolong Jembatan Zaman Now

Big Banner
Bagian Bawah Jembatan yang Diubah Menjadi Kawasan Publik di Amerika Serikat (Rumah123/Curbed)

Kolong jembatan tidak selalu diidentikan dengan area tidak terpakai yang kosong. Atau menjadi area kumuh seperti yang terjadi di banyak negara termasuk Indonesia.

Area ini dapat disulap menjadi kawasan yang keren dan kekinian. Area ini bisa menjadi kawasan publik alias menjadi fasilitas sosial.

Baca juga: Kawasan Hi-Tech ini Terhubung oleh Jembatan Kayu yang Keren!

Sejumlah bagian bawah jembatan layang atau jalan kereta di Amerika Serikat bisa disulap menjadi ruang publik. Sampah yang bertumpukan dihilangkan, begitu juga dengan rumput yang tumbuh tinggi.

Ada yang menjadi tempat jogging dan untuk naik sepeda, tempat memajang seni instalasi, dipasangi lampu warna warni, area pejalan kaki, tempat bermain skateboard, dan lainnya.

Baca juga: Jembatan Ini Khusus untuk Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda! Keren Kan!

Hal ini menjadikan area yang tadinya tidak memiliki fungsi apapun, menjadi kawasan yang menghubungkan kawasan yang berdekatan dan merevitalisasi komunitas.

Hmm, sebenarnya hal ini sudah dilakukan di Indonesia. Salah satunya di Bandung. Ada bagian bawah jembatan layang yang menjadi area berkumpul.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Namun, seandainya sebagian besar jembatan layang atau jalan kereta dapat disulap menjadi kekinian, maka masyarakat bisa memiliki ruang publik lebih banyak.

Bagian Bawah Jembatan yang Diubah Menjadi Ruang Publik di Amerika Serikat (Rumah123/Curbed)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me