E-Commerce dan Pergudangan Bisnis Saling Membutuhkan (1)

Big Banner

Majalah Properti Indonesia edisi Februari 2018 menurunkan ulasan tentang mutualisme/saling membutuhkan antara bisnis pergudangan dan e-comerce. Disebutkan bisnis E-commerce yang berkembang pesat membutuhkan pergudangan untuk mendukung bisnis mereka.

Para pengembang kini banyak membangun jenis properti pergudangan baik untuk disewakan maupun untuk diperjualbelikan. Hal itu lantaran permintaan akan pergudangan terus meningkat. Cerahnya prospek pergudangan tidak terlepas dari sedang berkembangnya bisnis online di Indonesia (E-commerce). Hal itu turut memengaruhi dikarenakan banyak pelaku bisnis online yang mencari gudang untuk penampungan barang jualannya.

Pertengahan tahun 2017 lalu situs belanja online Lazada telah memindahkan gudang penyimpanan barang mereka ke lokasi baru yang lebih besar di kawasan Cimanggis, Depok. 4th Generation Lazada Warehouse tersebut memiliki luas 30.000 m2 dengan kapasitas tiga kali lebih besar dari warehouse Lazada yang sebelumnya.

Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm mengatakan sebagai pionir e-commerce marketplace yang memiliki manajemen logistik dan warehouse terbesar di Indonesia, Lazada akan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan memperbaharui teknologi dari warehouse mereka. “Pembangunan 4th Generation Lazada Warehouse ini merupakan salah satu prioritas kami untuk mengimbangi perkembangan kebutuhan pasar belanja online di Indonesia dan memberikan yang terbaik bagi konsumen kami,” kata Florian Holm.

Warehouse Lazada generasi ke-4 ini merupakan pusat dari kegiatan bisnis Lazada, mulai dari kedatangan barang-barang dari para merchant, pengecekan kualitas barang, hingga pembungkusan barang pesanan konsumen. Warehouse ini memiliki kapasitas 400.000 parcel atau paket per hari. Sebelum dipindahkan ke kawasan Cimanggis, warehouse Lazada dulunya ada di kawasan Halim seluas 2.000 m2, kemudian pindah ke Ciracas dengan luas 4.000 m2, lalu pindah lagi ke Cakung yang memiliki luas 12.000 m2.

Selain di Cimanggis, saat ini Lazada juga mengoperasikan dua warehouse lainnya di kota Medan dan Surabaya. Florian menambahkan ke depannya Lazada juga akan membangun lebih banyak warehouse dan fulfillment center untuk melayani seluruh konsumen dan seller Lazada yang tersebar di seluruh Indonesia.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me