Kalau Paham 5 Poin Ini, Kamu Baru Aman Deh Pake Kartu Kredit!

Big Banner

 

Foto: Rumah123/iStock

 

Kalau mau punya dana buat beli rumah, ya sudah semestinya kamu cerdas dalam mengeluarkan uang. Salah satu cara mengendalikan pengeluaran yaitu dengan mengendalikan penggunaan kartu kredit.

Haruskah punya kartu kredit? Ya, gaklah! Namun, ada beberapa keuntungan dan kesenangan dari penggunaan kartu kredit, semisal kamu tetap bisa membeli barang yang sedang dibutuhkan meskipun belum ada duit di tangan, tagihannya baru kamu bayar waktu gajian. Selain itu, adanya program point reward dan promo-promo pada kartu  kredit akan bisa menghemat pengeluaranmu.

Jadi, kalau kamu pakai kartu kredit sedapat mungkin pinter-pinterlah untuk memanfaatnya. Sebab, kalau tidak, alih-alih kamu terbantu dengan memiliki kartu kredit, yang ada malah kamu kelilit utang. Kalau udah gini, gak heranlah kalau kamu dihantui utang atau sering ga bisa tidur nyenyak.

Baca juga: Mau Pake Kartu Kredit? Ingat, Kamu Mesti Bijaksana Lho!

Nah, berikut ini 5 tips agar kamu bisa pake kartu kredit dengan cerdas, simak ya:

Ke-1, Sesuaikan Jenis Kartu Kredit dengan Kebutuhanmu

Salah satu keuntungan pake kartu kredit adalah adanya promo-promo dan program diskon. Biasanya kartu kredit berkolaborasi dengan merchant atau toko-toko komersial. Ya tujuannya apa lagi kalau bukan untuk ‘memaksa’ kamu untuk belanja.

Jadi, kalau kamu kerap menggunakannya untuk kuliner, maka pilih kartu kredit yang memberikan banyak promo di restoran-restoran. Kalau kamu suka fashion, maka pilih kartu kredit yang memberikan diskon dan promo-promo barang-barang fashion di outlet-outlet fashion.

Baca juga: Asyik, Bunga Kartu Kredit Turun! Ayo, Alihkan ke Investasi Properti dan Tabungan

Ke-2, Jangan Gunakan Melebihi Limit Kartu Kredit

Usahakan kamu menggunakan kartu kredit di bawah limit yang sudah ditentukan. Semisal limit kartu kreditmu adalah Rp5 juta, akan lebih aman kalau kamu tidak menggunakannya hingga Rp4 juta atau lebih.

Kalau kamu menggunakan kartu kredit melebihi limitnya, selain kamu dikenakan denda, kamu juga akan ‘ditelan’ tagihannya alias gagal bayar tagihan.

Terkait limit kartu kredit, kamu bisa mengaturnya. Limit kartu kredit sebenarnya bisa kamu atur atau kendalikan sesuai dengan kebutuhanmu. Pilih kartu kredit dengan limit yang kecil, agar kamu bisa mengatur pengeluaran dengan kartu ini. Sedangkan kartu kredit yang satunya lagi (limitnya lebih besar) bisa kamu posisikan untuk berjaga-jaga. Namun, ingat! jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang!

Baca juga: Kalau KPR-mu Ingin Disetujui, Jangan Nunggak Cicilan Kredit Apapun!

Ke-3, Paling Banyak Cuma Punya 2 Kartu Kredit

Dengan punya 2 kartu kredit, semestinya sih kamu sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhanmu jika kamu pintar mengaturnya. Jadi, jangan sampe punya kartu kredit lebih dari 2.

Meskipun ditawarkan gratis tanpa membayar iuran tahuhan, batasi kamu hanya punya 2 kartu kredit. Pasalnya, semakin banyak kamu punya kartu kredit, maka kamu akan terdorong untuk menggunakannya, yang berarti semakin banyak tagihan utang yang menumpuk.

Semakin banyak utang, maka semakin berat cicilan yang harus kamu bayarkan, bukan? Jadi, jangan bangga kalau punya lebih dari 2 kartu kredit. Meskipun kelihatannya lebih memudahkan, namun ada potensi ‘bahaya’ atau risiko di masa depan.

Baca juga: KPR Kamu Ditolak? Mungkin Ada yang Kelewat!

Ke-4, Pikir Dulu Sebelum Belanja, Teliti Sebelum Beli

Yang namanya belanja itu, bisa karena butuh bisa karena ingin. Jadi, kamu pikir dulu sebelum belanja apakah itu termasuk kebutuhan ataukah keinginan? Tak semua keinginan adalah kebutuhan, dan sebaliknya. Berpikir dulu sebelum belanja adalah penting. Jangan beli sesuatu hanya karena hasrat semata. Nah, kalau kamu memutuskan bahwa barang yang akan kamu beli tergolong kebutuhan, maka telitilah sebelum membeli. Jangan sampai membeli barang yang kualitasnya tak sesuai dengan harganya.

Ke-5, Manfaatkan Point Reward

Kartu kredit umumnya punya program point reward. Setiap kali kamu belanja dengan kartu kredit, maka poin dalam kartu kredit akan bertambah. Akumulasi poin tersebut dapat kamu tukarkan dengan barang atau promo-promo yang biasanya menarik.

Penukaran poin tersebut merupakan salah satu keuntungan dari kamu menggunakan kartu kredit. Namun, kamu harus teliti dan jeli dalam memanfaatkannya.

Kalau kamu cerdas menggunakan kartu kredit, maka impian untuk punya rumah tetap terjaga karena dana buat beli rumah tetap aman kamu sisihkan dari pendapatanmu.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me