Masih Ragu Tinggal di Bodetabek? Bakal Jadi Megapolitan Lho!

Big Banner
Sebuah rumah contoh di kawasan Bogor. Foto: Rumah123/Dok. Rancamaya

Kamu masih ragu atau enggan beli hunian di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek)? Kota-kota tersebut akan terus berkembang hingga tak cocok lagi disebut sebagai kota-kota penyangga. Bodetabek akan berkembang menjadi kota-kota mandiri, dan Jabodetabek benar-benar akan menjadi Megapolitan.

Pemikiran tersebut mengemuka dalam diskusi dengan tajuk Menatap Masa Depan Jakarta di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (21/2/2018). Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan, kota metropolitan: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan berkembang lebih luas lagi nanti. Saat ini saja, menurutnya, Serang dan dan Karawang sudah mulai menjadi kota metropolitan.

Baca juga: Coba Bus Premium Transjabodetabek Bogor-Jakarta Yuk!

“Ke Barat, misalnya, kota metropolitan itu sudah beyond Tangerang. Sudah mendekati Serang malah,” kata Bambang seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/2/2018).

Kota Serang mulai berkembang dengan pendorong utamanya adalah kawasan industri. ModernCikande, misalnya, kawasan industri di Serang ini berencana mengembangkan Smart City seluas 100 hektare dari total lahan seluas 3.175 hektare.

Semenatara Hutama Karya (HK) Realtindo juga mulai mengembangkan H City GRand Serang di Jalan Raya Banten Lama, Serang, Banten. Proyek tersebut menempati area seluas 68 hektare berkonsep kawasan terpadu mandiri.

Seribu unit rumah, area komersial dan ritel, pusat pendidikan, taman kuliner, pasar modern, pusat olahraga, taman air, dan ruang terbuka hijau akan berdiri. Sedangkan ke arah Timur, Bambang menambahkan, Karawang juga bisa disebut sebagai kota metropolitan.

Baca juga: Bekasi-Jakarta Ga Perlu Bawa Mobil Pribadi, Ada Transjabodetabek Premium

Di koridor timur Jakarta, yaitu Karawang dan Purwakarta, pada 2016 ada sebanyak 200.000 apartemen baru. Pengembangan hunian terkait semakin banyaknya pekerja di kawasan industri di daerah ersebut.

Setelah Karawang, tidak menutup kemungkinan kota metropolitan bisa semakin melebar ke Bogor. Menurut Bambang, jika tata kota tidak direncanakan, Bogor bisa kian semrawut akibat kemacetan lalu-lintasnya yang parah. “Sekarang saja kalau ke Puncak hari biasa sudah macet. Sudah sampai Cipanas malah  macetnya,” kata Bambang.

Baca juga:  Orang Bekasi Mensyukuri Beroperasinya KRL Cikarang-Jakarta

Di amat Bambang, pengembangan kota-kota di sekitar Jakarta tidak lagi sebagai penyokong atau penyangga Ibu Kota. Ambil contoh Depok, kini kota ini sudah mulai berkembang sendiri dengan banyaknya perguruan tinggi. Selain itu, kawasan perumahannya juga terus berkembang, tak sebatas dominasi oleh Perum Perumnas.

“Kalau sudah jadi kota sendiri dan jadi bagian dari kota metropolitan Jakarta, maka komuter harus lancar, apakah dengan menambah jalan tol atau kereta, itu cara pikir kita sebagai metropolitan,” kata Bambang.

Jadi, ga masalah punya hunian di wilayah Bodetabek. Seiring waktu berjalan, semua kota-kota penyangga Jakarta akan bersatu menjadi wilayah yang sangat luas, namanya Megapolitan. Nah, sudah siapkah kamu beli hunian di Megapolitan?

rumah123.com