Hunian Berkonsep TOD Semakin Diminati, Kenapa Ya?

Big Banner

 

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

 

Kalau kamu cari hunian, apakah yang menjadi fokusmu? Karakteristik unik lokasinyakah? Semisal adakah antarmoda transportasi publik? Kini kehadiran commuter lineMass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) mungkin menjadi perhatianmu. Sebab, lalu-lintas di perkotaan hari ke hari semakin padat dan kemacetan masih sering terjadi.

Pembangunan hunian berbasis Transit Oriented Development (TOD) saat ini memang sedang diminati. Banyak pengembang melirik potensi hunian yang terintegrasi dengan transportasi publik.

Baca juga: Peduli Masyarakat Sekitar, Synthesis Development Bangun Ulang 2 Jembatan Prajawangsa City

Direktur Perencanaan dan Pengembangan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementerian Perhubungan RI, Sigit Irfansyah, mengatakan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui BPTJ mendorong beberapa kawasan untuk segera menangani masalah lalu-lintas dan kebutuhan fasilitas pendukung transportasi publik.

“Contohnya di Jabodetabek terkait transportasi telah dilakukan beberapa upaya untuk mendorong percepatan pelayanan angkutan umum melalui Jabodetabek Airport Connection (JAC) dan Jakarta Railway Center (JRC), serta penanganan stasiun kereta dengan konsep integrasi,” kata Sigit dalam acara diskusi bertema Solusi Hunian: Transportasi, Akses, dan Kualitas Hidup, pada Selasa (27/2/2018) di Prajawangsa City, Jakarta.

 

Para narasumber berfoto setelah acara diskusi bertema “Solusi Hunian: Transportasi, Akses, dan Kualitas Hidup” pada Selasa (27/2/2018) di Prajawangsa City, Jakarta. Foto: Rumah123/Dok. Prajawangsa City

 

Menurut Sigit, akses jalan tol sudah tidak mampu menampung pengguna mobil, sehingga masyarakat harus berjam-jam di perjalanan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan pemerintah dan pengembang properti adalah berkolaborasi membangun kawasan yang dekat dan lengkap yang tersedia transportasi publiknya.

“Untuk membangun kawasan terintegrasi dan multiplier effect harus memperhatikan transportasi publik. Kondisi ini akan memudahkan masyarakat atau penghuni kawasan tersebut dan meningkatkan perkembangan daerah tersebut,” ujar Yoga Adiwinarto, Country Director Institute for Transportation & Development Policy.

Baca juga: Prajawangsa City Tawarkan Solusi Hunian bagi Kamu Milenial, Mau?

“Synthesis Development menyadari saat ini diperlukan sinergitas semua kalangan, pemerintah, operator, lembaga profesional, dan pengembang untuk memiliki pemahaman yang sama tentang sistem transportasi masa depan sebagai bagian dari solusi hunian,” Kata President Director Synthesis Development, Budi Yanto Lusli, yang menyambut baik dorongan dari BPTJ terkait penyediaan transportasi pendukung di Jabodetabek.

“Synthesis Development berharap ke depannya dapat berkolaborasi bersama dengan BPTJ dan PT Transportasi Jakarta untuk mengembangkan Prajawangsa City dengan pola tata ruang sebagai kawasan superblok yang accessible di Cijantung,” kata Managing Director Synthesis Development, Mandrowo Sapto.

Nah, kalau kamu butuh hunian yang tak sekadar memberikan akses transportasi nyaman ke pusat kota, tapi juga kawasan perkotaan dengan manajemen yang baik, maka  poin-poin di atas mungkin bisa bantu kamu mencari hunian idamanmu.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me