ISPI Group Gandeng BPN, BTN, dan REI Ubah 1.097 SHGB ke SHM

Big Banner

Pengembang Mutiara Gading City, ISPI Group bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Real Estate Indonesia (REI) untuk meningkatkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM). Penandatanganan kerjasama (MoU) dilakukan di perumahan Mutiara Gading City, Bekasi, Selasa (27/2).

“Ini bertujuan untuk memudahkan kegiatan perubahan hak yakni peningkatan SHGB menjadi SHM. Kegiatan ini khusus dengan KPR melalui BTN. Acara ini adalah kali kedua setelah Oktober 2017 lalu, BPN, DPD REI Jabar dan ISPI Group meluncurkan program yang sama di Cifest Cikarang, yang pada saat itu ratusan konsumen ISPI Grup mendapatkan peningkatan SHM secara gratis,” ujar Heri Indriawan, Wakil Direktur Bidang Pertanahan ISPI Grup.

Lebih lanjut Heri mengatakan, kerja sama ini mewujudkan kerja nyata Kantor Pertanahan Bekasi dalam menyelesaikan sertifikat secepat-cepatnya dan ISPI Group menyambut baik usaha yang dilakukan jajaran Kantor BPN Bekasi yang kemudian membuka konter layanan pertanahan di Mutiara Gading City,

Adapun layanan kepada masyarakat ini meliputi beberapa hal. Pertama, perubahan hak yakni peningkatan SHGB menjadi SHM secara gratis. Kedua, terhapusnya hal tanggungan. Ketiga, peralihan hak atau balik nama. Keempat adalah pengecekan sertifikat. Kelima, informasi pertanahan ini sekaligus jadi dalam satu hari atau one day service.

“ISPI Group yang mempunyai bank tanah di kawasan Bekasi seluas 1.400 hektare tentunya merasakan dampak baik yang dilakukan oleh BPN Bekasi. Ini sangat mendorong kemajuan investasi dan BPN Bekasi mempunyai peranan penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan. Konsumen ISPI Group dapat merasakan program kerja BPN Bekasi yang nyata. Konsumen kami sangat diuntungkan, dengan 1 hari saja. Peningkatan dari SHGB ke SHM sudah bisa jadi dan gratis,” papar Preadi Ekarto, Komisaris Utama ISPI Group seraya mengatakan ISPI Group akan mengubah 1.097 unit SHGB penghuni menjadi SHM secara gratis.

Kepala BPN Kabupaten Bekasi Deni Santo mengatakan, pembukaan konter layanan BPN ini untuk memudahkan masyarakat dikawasan Bekasi utara terutama di perumahan Mutiara Gading City untuk mengurus sertifikat yang lebih cepat dan tidak perlu harus pergi ke kantor BPN Cikarang.“ Disini kami sudah sediakan konternya bagi warga, terutama yang mengurus pemindahan surat tanah atau perumahan memiliki sertifikat SHM,” kata dia.

Sementara Kanwil Badan Pertanahan Nasional Jawa Barat Sri Mujitono mengatakan ada 9 juta lahan di Jawa Barat dan yang sudah terdaftar baru sekitar 7 juta. Angka ini terus meningkat dengan target 2025 semua lahan di Jawa Barat sudah memiliki sertifikat sekitar 50.500 sertifikat. YS

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me