Pengembang Besar Andalkan Penjualan Rumah Mungil

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Perumahan menengah atas tidak sungkan lagi menggarap pasar rumah mungil yang selama ini menjadi garapan perumahan menengah. Segmen ini menjadi katup pengaman melempemnya pasar hunian menengah atas sekian tahun ini.

Perumahan Rancamaya Golf Estate cluster The Rosewood

Perumahan Rancamaya Golf Estate cluster The Rosewood

Dulu mereka memasarkan rumah mungil tapi tipenya rata-rata di atas 60 m2, sekarang lebih kecil lagi 50-an meter persegi, bahkan ada yang kurang.

Perumahan yang memasarkannya antara lain Citra Garden City (Jakarta), Rancamaya dan Royal Tajur Residence (Bogor), Graha Raya (Tangerang Selatan), Metland Transyogi (Cileungsi-Bogor), Golden Stone (Legok-Tangerang), Kota Baru Parahyangan (KBP) Bandung.

Sebagian besar bangunannya dua lantai, hanya di KBP yang satu lantai.

“Kita menawarkan rumah Rp900 juta karena pasar yang kuat saat ini di segmen itu. Bangunannya 50 meter persegi (m2), kaveling 90 m2,” ujar Raymond Hadipranoto, Marketing Manager KBP, kepada housing-estate.com melalui telepon akhir pekan lalu.

Rumah mungil itu dikembangkan di tatar (klaster) Simakirana (300 rumah) di area pengembangan KBP tahap II. Penawaran hunian mungil itu siasat agar harganya lebih terjangkau kalangan menengah yang pasarnya cukup gemuk.

Kendati demikian harganya masih tetap tinggi karena harga tanahnya sudah tinggi, demikian juga harga jual bangunannya. Contohnya Citra Garden City (450 ha) yang dikembangkan Ciputra Group di Cengkareng, Jakarta Barat, tipe Cressida 58/90 dibandrol Rp2,1 miliar. Graha Raya (350 ha), Pondok Jagung, Tangerang Selatan (Banten), melansir tipe 52/60 Rp1,1 miliar.

Tipe Cressida mulai ditawarkan Oktober 2017 di klaster Aero Mansion (9,5 ha) dan pemasarannya diteruskan sampai sekarang. Harganya tinggi karena lokasinya dekat Bandara Soekarno-Hatta dan menjadi bagian dari Aeroworld 8 (100 ha), salah satu kawasan Citra Garden  yang dikembangkan secara terpadu.

Golden Stone di Jl Pusdiklat Pemda, Legok, Tangerang, menawarkan tipe lebih kecil bangunannya 38 m2, tanah 50 m2 seharga Rp690 juta tunai. Tipe di atasnya 82/77 Rp1,26 miliar.

Di Rancamaya (700 ha), Ciawi, tipe rumahnya 59/100 seharga Rp1,1 miliar. Rumah yang dilengkapi dua kamar plus satu kamar pembantu (2+1) itu menawarkan desain american style di klaster Rosewood.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com