Konsumen End User Jadi Penopang ISPI Group

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bisnis properti yang melemah beberapa tahun ini telah membuat kalangan investor properti berkurang drastis. Di sisi lain perumahan merupakan kebutuhan dasar yang akan terus dicari orang. Hanya bedanya yang mencari saat ini lebih banyak end user atau yang membeli properti untuk dihuni atau dipakai sendiri.

Ilustrasi : Mutiara Gading City

Mutiara Gading City | dok : Majalah Housing Estate

“Sekarang pasar properti lebih riil dari kalangan end user. Dulu konsumen kami 30-40 persen investor, sekarang hampir semua end user,” kata Preadi Ekarto, Komisaris Utama ISPI Group, kepada housing-estate.com saat peresmian kantor pelayanan pertanahan (land service counter) di perumahan Mutiara Gading City (400 ha), Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (27/2). Mutiara Gading City adalah salah satu proyek ISPI.

Mayoritas konsumen dari  kalangan end user itu juga membuat kenaikan harga propertinya menjadi lebih terukur dan tidak melonjak tinggi seperti periode 2010-2013. Kenaikan harga produk rumah ISPI Group misalnya, rata-rata 10 persen per tahun dan kenaikan tersebut lebih kepada kenaikan harga material bangunan sehingga sangat wajar.

Preadi juga menyebut kelas harga rumah Rp300-600 juta menjadi produk yang paling banyak dicari. Tingkat penjualan periode awal tahun ini juga sudah lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Delapan proyek yang saat ini digarap ISPI Group di Bekasi rata-rata bisa mengeluarkan dua klaster per tahun dengan penjualan mencapai 100 unit per bulan.

“Proyek infrastruktur di koridor timur (Jabodetabek) ini juga sangat mengangkat penjualan kami. Kalau tidak ada proyek itu mungkin penjualan kami tidak sebagus ini. Rumah yang harganya Rp1 miliaran juga mulai dilirik. Yang dulu tinggal di rumah kecil, kemudian ekonominya naik, mulai menyasar rumah miliaran. Tapi mayoritas tetap rumah yang harga Rp300-600 juta,” katanya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me