Kalau Punya Rumah, Milenial Bakal Punya Aset Berharga Lho

Big Banner
Ilustrasi Apartemen (Rumah123/Realestate.com.au)

Apa sih pentingnya punya aset? Banyak lho. Yang paling sederhana sih adalah kamu memiliki kekayaan yang dapat dijual.

Bayangkan kalau kamu membutuhkan uang untuk modal usaha, kamu nggak perlu meminjam uang ke bank kan? Kamu hanya perlu melepas salah satu aset berharga kamu seperti tabungan, simpanan emas, tanah, atau properti.

Baca juga: Ternyata Bukan Cuma Generasi Milenial yang Kesulitan Punya DP Rumah, Pasti Ga Percaya!

Saat kamu berinvestasi properti, kamu akan memiliki aset. Awalnya, kamu harus susah payah mengumpulkan down payment atau uang muka.

Kamu juga harus bersusah payah menyisihkan uang untuk cicilan perbulan. Namun, setelah cicilan lunas  maka properti itu menjadi milik kamu kan?

Baca juga: Masalah Milenial Sulit Punya Hunian Terjadi di Seluruh Dunia Lho

“Rumah atau apartemen akan menjadi aset kita. Walaupun asetnya kita tempati, nilainya naik. Kita beli rumah Rp500 juta, nanti harganya naik menjadi Rp1 miliar. Itu penting karena menjadi harta kekayaan milik sendiri,” ujar perencana keuangan Avian Dwiputra RFA kepada Rumah123.

Seperti yang dikatakan oleh Avian, kamu membeli rumah seharga Rp500 juta. Setelah belasan tahun, harga rumah ini sudah melambung menjadi Rp1 miliar.

Baca juga: Kalau Mau Punya Rumah Tuh, Milenial Mesti Punya Niat Lho

Bangunan memang sudah menua karena sudah berumur belasan tahun, tetapi harga tanah terus merangkak naik. Kenaikan tanah bisa 10 persen, 20 persen pertahun, bahkan lebih.

Jika kamu memiliki aset berharga, kamu tidak perlu pusing lagi kalau mau melakukan apapun. Mungkin kamu bosan dengan rumah saat ini karena terlalu luas, ya jual saja dan beli rumah yang lebih kecil.

Baca juga: Sebelum Punya Rumah, Milenial Mesti Siapkan Dana Darurat Lho

Suatu saat, kamu ingin menyekolahkan anak kamu dan kekurangan biaya. Kamu bisa menjual rumah dan membeli rumah yang lebih kecil lagi.

Nah, sebaliknya kalau kamu nggak punya rumah, masih mengontrak atau sewa apartemen, memang kamu bisa menjual hak milik orang lain?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me