Mau Bikin Musala Kekinian Seperti Ini di Rumah?

Big Banner
Musala yang Didesain oleh Aaksen Responsible Aarchitecture (Rumah123/Dezeen)

Shalat lima waktu menjadi kewajiban umat Muslim. Jangan heran kalau banyak orang Islam yang membuat musala kecil di dalam rumahnya.

Musala ini dapat digunakan sendiri atau untuk tamu yang berkunjung. Ya, hal lazim kalau tamu yang datang tidak perlu mendatangi masjid yang mungkin jaraknya jauh, tetapi cukup shalat di musala.

Baca juga: Dibangun dari Dana Sumbangan, Masjid Ini Tetap Bisa Raih Penghargaan Arsitektur

Untuk membuat musala, kamu bisa mengalihfungsikan sebuah ruangan atau memanfaatkan salah satu sudut rumah. Pilihan lainnya kamu merenovasi ulang hunian atau merancangnya dari awal.

Biro arsitek asal Bandung Jawa Barat, Aaksen Responsible Aarchitecture mendesain musala yang kekinian untuk sebuah rumah di kota yang sama. Rumah dua lantai ini hanya memiliki luas 105 meter persegi.

Baca juga: Desain Maha Karya Arsitektur Islam Bisa Dilihat di Masjid Ini, Penasaran?

Aaksen Responsible Aarchitecture menempatkan musala pada bagian depan rumah. Bentuknya cukup terbuka. Bagian lantai mengaplikasikan parket atau lantai kayu.

Sementara sekelilingnya menggunakan material metal. Yang menarik justru pada bagian atas, ada jendela dengan kaligrafi tulisan Allah SWT.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

Jendela ini menjadi jalan masuk bagi sinar matahari, sekaligus menjadi penanda pergantian waktu. Biro arsitek ini memanfaatkan jendela sebagai bagian dari pergantian waktu.

Musala yang dirancang Aaksen Responsible Aarchitecture ini minimalis banget ya, tetapi keren. Kamu mau buat juga di rumah?

Baca juga: Katanya, Keramik Iznik yang Percantik Masjid Biru. Kayak Apa Sih?

Musala yang Didesain oleh Aaksen Responsible Aarchitecture (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me