Pemprov DKI Akan Talangi DP Rumah Nol Rupiah, Kamu Jadi Beli?

Big Banner
Tampak depan rumah DP Rp0 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, yang dibangun pengembang PT Nusa Kirana. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

  

Saat ini, buat kamu yang berminat pada rumah DP Rp0 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, mulai ada titik terangnya nih. Pasalnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Agustino Darmawan mengatakan, Pemprov DKI akan menalangi DP tersebut. Jadi, dana DP Rp0 itu merupakan pinjaman.

“Iya (DP) itu minjemin sementara aja, nanti dipulangin lagi,” kata Agustino seperti dikutip detikfinance.com, Senin (5/3/2018).

Menurut Agustino, biaya pembayaran DP akan dimasukkan ke dalam angsuran per bulannya. Jadi, dalam angsuran tersebut sudah ada biaya DP yang harus dibayar. Sebelumnya, Agustino mengatakan, DP rumah yang disubsidi Pemprov DKI itu akan ditalangi dari APBD. Masa cicilannya selama 20 tahun. Menurutnya, subsidi DP dari Pemprov DKI ini cukup besar untuk menekan biaya cicilan.

Baca juga: Ada Rumah DP 0 di Rorotan, Rp350 Juta Bisa Kurang Jika Pemprov DKI Bersetuju, Mau?

Sebelumnya, diberitakan bahwa Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, sudah bertemu pihak PT Nusa Kirana selaku pengembang rumah tapak DP Rp0 di Rorotan, Cilincing. Hasil pertemuan itu, antara lain kedua pihak sepakat mencari titik temu perihal DP Rp0 untuk program perumahan Pemprov DKI Jakarta.

“Kami menyadari juga bahwa harga yang ditawarkan oleh PT Nusa Kirana itu (Rp350 juta) adalah harga ekonomis, tapi tidak sesuai dengan skema FLPP (Rp180 juta) karena perbedaan harganya lebih dari dua kali lipat,” kata Sandi seperti dikutip detikfinance.com, Sabtu (3/3/2018).

Baca juga: Melihat Rumah Tapak DP Nol Rupiah di Rorotan

Menurut Sandiaga, untuk program rumah DP Rp0 di Cilincing tersebut tidak menggunakan skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), sebab harga rumah yang ditawarkan lebih mahal daripada program Pemprov DKI.

Meski tanpa skema FLPP, menurut Sandi, kerja sama pihak pengembang dan Pemprov DKI dalam menyediakan rumah bagi warga DKI masih bisa dilaksanakan dengan mencari skema lain selain FLPP.

Baca juga: Pemprov DKI Bangun Hunian DP Rp0, Ciyus nih! Mau Beli Gak? 

Sebagaimana diketahui, seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama rumah DP Rp0 tersebut telah dilaksanakan pada Rabu (28/2/2018). Pegawai bagian Government Relations PT Nusa Kirana, Dhiki Kurniawan, saat itu menawarkan rumah tapak seharga Rp350 juta. Cicilan per bulannya antara Rp2,2 juta hingga Rp2,4 juta selama 20 tahun.

Luas bangunannya 27 meter persegi (m2) dan luas tanahnya 45 m2. Rumah ini punya 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, dan 2 kamar tidur. Masih ada lahan tersisa di belakang rumah yang bisa digunakan untuk dapur.

Baca juga: Kelemahan Rumah DP Rp0 Itu Apa Aja Sih?

Menurut Dhiki, pengembang memang mematok harga Rp350 juta per unit rumah, tapi harga tersebut bisa berkurang kalau sudah ada titik temu antara pengembang dan Pemprov DKI Jakarta. Kalau kita mencermati pernyataan Agustino di awal tulisan ini, tampaknya sudah mulai ada titik temu ya. Jadi, kamu masih tetap ingin beli? Syarat utamanya, kamu harus warga DKI. Hal ini dibuktikan dengan punya KTP DKI.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me