Cegah Serangan Teroris, Klub Bola Manchester United Pasang Barikade di Luar Stadion

Big Banner
Barikade Modular yang Dipasang oleh Klub Liga Inggris, Manchester United (Rumah123/Dezeen)

Klub Liga Inggris, Manchester United memasang sistem barikade modular di luar Stadion Old Trafford. Barikade ini dipasang untuk melindungi para penggemar dari serangan teroris yang menggunakan kendaraan.

Sebelumnya, terjadi sejumlah serangan oleh teroris yang menggunakan kendaraan seperti di Barcelona, Spanyol; Paris, Prancis; serta London, Inggris. Tindakan preventif pun diperlukan untuk mencegah kejadian serupa.

Baca juga: Penembakan di Las Vegas Jadi Bukti Kalau Kota di AS Memang Ga Aman dan Nyaman

Perusahaan rekayasa teknologi asal Inggris, ATG Access menciptakan Surface Guard, sebuah sistem barikade modular yang ringan. Barikade ini juga bersifat sementara dan dapat dibongkar pasang.

Barikade ini tergolong ringan bila dibandingkan dengan barikade tradisional yang terbuat dari baja atau beton. Surface Guard terdiri dari beberapa bagian yang bisa disambung dan menyesuaikan lebar jalan.

Baca juga: Penembakan Massal di Sekolah Terjadi Lagi, Kamu Masih Mau Sekolah di Amerika?

Pemasangan barikade ini hanya membutuhkan waktu 40 menit dengan bantuan empat pekerja dan mesin fork lift. Barikade ini dapat dipasang kemudian dibongkar lagi dan kemudian dikirim ke tempat lain.

Manchester United sudah memasang barikade ini sejak beberapa bulan lalu. Sejumlah klub Liga Inggris lainnya sudah memikirkan untuk memasangan barikade serupa.

Baca juga: Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

Setelah serangan teroris menggunakan kendaraan, pemerintah sejumlah negara Eropa mulai memikirkan cara preventif. Biasanya teroris menggunakan kendaraan untuk menabrak kerumunan massa.

Sejumlah ide bermunculan seperti memasang pohon, membuat barikade dari beton, hingga menempatkan robot. Beberapa tempat keramaian di Eropa sudah memasang beragam barikade.

Baca juga: Sekolah untuk Murid Jaman Now Ini Dirancang Anti Teroris Lho!

Kalau di Indonesia, masalahnya sih bukan serangan teroris ya, melainkan perilaku suporter sepak bola yang suka berbuat kerusuhan. Mungkin ada alternatif untuk menangkal perilaku buruk ini?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me