Ganjil-Genap Hanya untuk Pintu Tol Bekasi Barat dan Timur, Udah Tahu?

Big Banner

 

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

 

Udah tahu kan, kebijakan ganjil-genap mulai berlaku per Senin(12/3/2018) untuk Tol Jakarta-Cikampek? Namun, kebijakan itu hanya berlaku buat kendaraan yang masuk dari Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Kalau kamu masuk dari Pintu Tol Tambun atau Pondok Gede, kebijakan itu tak berlaku.

Kebijakan ganjil-genap dimaksudkan agar kendaraan yang masuk Tol Jakarta-Cikampek ke arah Jakarta pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB pada dari Senin-Jumat, bisa berkurang.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (9/3/2018), mengatakan, pada saat kebijakan itu diterapkan (Senin, 12/3/2018), hanya kendaraan berpelat genaplah yang boleh melintasi Pintu Tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat. Sedangkan kendaraan berpelat ganjil diperbolehkan melintasi saat tanggal ganjil.

Baca juga: Ganjil-Genap Berlaku di Tol Bekasi, Masih Incar Punya Mobil Duluan daripada Hunian?

Berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sekitar 560.000 kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek setiap harinya. Yang melintasi Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur mencapai 39.000 kendaraan. Saat penerapan kebijakan pembatasan, cuma sekitar 8.000 kendaraan yang melintas. Menurut Bambang, total kendaraan yang melintas di tol tersebut, 70 persen adalahkendaraan Golongan I atau kendaraan pribadi.

Harapannya, dengan adanya kebijakan ganjil-genap ini pengguna kendaraan pribadi di Tol Jakarta-Cikampek akan berkurang karena mereka beralih ke moda transportasi umum. Paling tidak, kemacetan masif yang selama ini terjadi di Pintu Tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat jadi berkurang.

Baca juga: Ganjil-Genap Tol Bekasi Berlaku Mulai 12 Maret, Beli Rumah Ajalah!

Terkait kebijakan ganjil-genap, BPTJ juga menyediakan armada bus premium yang bisa kamu manfaatkan menuju lokasi tujuan di Jakarta. Untuk saat ini, baru 48 unit bus premium yang disediakan. Meski demikian, jumlah itu dapat bertambah bila minat masyarakat beralih moda transportasi cukup besar. Nantinya, bus ini akan didukung dengan High Occupancy Vehicle (HOV) Lane, untuk memperlancar laju kecepatannya.

Upaya mengurangi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek ini juga diberlakukan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang pada jam yang sama (Golongan 3, 4, dan 5). Bedanya, pembatasan kendaraan pribadi hanya berlaku untuk yang ke arah Jakarta, sedangkan pembatasan kendaraan angkutan barang berlaku untuk dua arah.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me