Jangan Bikin Kesalahan Ini Saat Mau Jual Rumah Ya

Big Banner
Ilustrasi Rumah (Rumah123/iStockphoto)

Saat ingin menjual rumah memang tidak membutuhkan perhitungan yang njelimet. Namun, banyak hal yang harus kamu perhatikan.

Hal ini mesti dilakukan karena menjual rumah ini terkait uang yang banyak. Kamu pastinya ingin mereguk keuntungan yang banyak kan?

Baca juga: Sebelum Jual Rumah, Jangan Lupa Ganti Cat Jadi Warna Netral

Meski begitu, penjual rumah bisa melakukan kesalahan sendiri saat memasarkan huniannya. Laman properti Realtor mencatatkan ada enam kesalahan klasik yang sering dilakukan.

Salah satu kesalahan tersebut adalah menentukan harga jual rumah terlalu tinggi. Hmm, kira-kira seperti apa ya?

Baca juga: Ganti Dulu Pintu Depan Sebelum Jual Rumah

Meskipun kamu berada dalam posisi tawar lebih baik yaitu “pasar penjual”, bahwa saat jumlah hunian yang dipasarkan berjumlah sedikit dan para pembeli harus mengantri membeli rumah, kamu harus menetapkan harga jual yang masuk akal.

“Anda harus mematok harga jual rumah yang masuk akal. Sayangnya, beberapa orang memiliki harapan tidak realistis terhadap pasar,” ujar agen properti Seth Lejeune kepada Realtor.

Baca juga: Sebelum Jual Rumah Mewah, Fasilitas Apa Aja Sih yang Mesti Ada?

Banyak penjual rumah menetapkah harga jual rumah terlalu tinggi karena mereka terikat secara emosional dengan rumah ini. Alasan penetapan harga jual rumah yang tinggi karena taktik penjualan saja.

“Banyak orang yang menetapkan harga jual yang tinggi karena mereka ingin punya keleluasaan untuk bernegosiasi, tetapi strategi bisa merugikan, karena mungkin tidak ada tawaran,” kata Lejeune lagi.

Baca juga: Mau Jual Rumah? Bikin Calon Pembeli Terkesan pada Pandangan Pertama

Jadi sebelum menetapkan harga jual rumah yang terlalu tinggi, coba kamu mencari tahu dulu harga pasaran di sekitar kawasan. Pasti ada kok beberapa rumah yang berdekatan dengan rumah kamu yang sebelumnya sudah laku terjual.

Setidaknya kamu bisa melihat posisi dan lokasi rumah, di depan jalan raya atau tidak. Rumahnya bagus atau tidak. Nah, kamu bisa menentukan harga jual rumah kamu setelah melihat semuanya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me