Kamar Ukuran 2,5 x 2,5 M2, Begini Ngaturnya

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Harga lahan di perkotaan yang makin mahal membuat tipe rumah tidak ideal lagi sehingga ukuran-ukuran ruangnya juga makin terbatas. Di sisi lain, perubahan lifestyle pekerja urban juga membuat hunian kompak dengan ukuran terbatas menjadi lebih sesuai.

kamar sempit

Hanya, ukuran ruang yang terbatas juga butuh pengaturan yang lebih baik agar tgetap nyaman didiami.

Menurut Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) Lea Aziz, yang harus diperhatikan dalam merancang ruangan yang luasannya terbatas adalah fungsinya.

The most important think is space, ruangan yang besar belum tentu efisien, ada banyak hal yang bisa kita rancang dan kreasikan supaya ruang yang terbatas tetap efisien dan nyaman,” katanya kepada housing-estate.com dalam sebuah acara di Jakarta awal pekan ini.

Seiring tren lifestyle yang juga menuntut kepraktisan, menjadi tantangan bagi setiap desainer interior untuk membuat rancangan ruang yang lebih efisien, simpel, namun tetap mengutamakan kenyamanan dan keamanan.

Perkembangan teknologi dan inovasi material bahan bangunan membuat pilihannya menjadi lebih beragam sehingga ini juga makin menantang bagi setiap perancang.

Untuk luasan kamar 2,5 x 2,5 m2 yang banyak diterapkan di rumah-rumah kompak dan unit apartemen misalnya, Lea menyebut hanya barang fungsional yang bisa dimasukan. Yaitu, tempat tidur, rak kecil, dan lemari kecil.

Untuk ruang penyimpanan (storage) mutlak dibuat built in menempel ke dinding atau memaksimalkan ruang di bawah tempat tidur dan sejenisnya.

Panjang tempat tidur dua metere membuat sisa ruang tinggal 50 cm. Karena itu gunakan tempat tidur dengan lebar 1,4 atau maksimal 1,6 m.

Menurut Lea ukuran ranjang itu masih cukup ideal digunakan pasangan dan tidak perlu memaksakan menggunakan ranjang berukuran 1,8 x 2 m yang akan makin menghabiskan ruangan.

“Jangan lagi memaksakan menyimpan meja rias. Untuk keperluan ini sebaiknya perangkat rias langsung diletakan di kamar mandi sehingga lebih efisien dan menghemat ruang. Gaya hidup juga harus berubah. Barang yang disimpan hanya yang memang digunakan, sehingga rumah tidak makin penuh barang yang sesungguhnya kebanyakan jarang digunakan,”  katanya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me