Ga Ada Subsidi DP untuk Rumah DP Rp0 Pemprov DKI, Jadi Gimana Dong?

Big Banner

 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) melihat maket Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, saat acara groudbreaking pada Kamis (18/01/2018). Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Rumah DP Nol Rupiah di Pondok Kelapa yang merupakan Program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, bukan disubsidi melainkan hanya dipinjamkan saja. Jadi, kalau kamu membeli rumah tersebut, kamu tak membayar DP, tapi uang DP akan dimasukkan ke cicilan per bulan.

Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat DKI Jakarta, Agustino Darmawan, seperti dikutip news.metrotvnews.com, Rabu (14/03/2018), mengatakan, Pemprov DKI memastikan tidak akan mensubsidi DP untuk Program Rumah DP Rp0. Uang muka akan dibebankan kepada pembeli dengan cara dicicil. Pemprov DKI hanya memberikan pinjaman, yang nantinya wajib dikembalikan oleh penghuni secara mengangsurnya.

Baca juga: Pemprov DKI Akan Talangi DP Rumah Nol Rupiah, Kamu Jadi Beli?   

Menurut Agustino, Pemprov DKI Jakarta menyediakan berbagai macam tenor, mulai dari 10 tahun, 15 tahun, hingga 20 tahun. “Nanti tergantung warganya mau pilih tenor yang mana,” kata dia.

Hal tersebut disepakati Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati, yang menyatakan bahwa subsidi DP untuk Rumah DP Rp0 yang selama ini diberitakan tidaklah benar. “Jadi, nantinya memang ada skema pengembalian,” kata Tuty.

Baca juga: Pemprov DKI Bangun Hunian DP Rp0, Ciyus nih! Mau Beli Gak?

Sekadar mengingatkan, Program Rumah DP Rp0 milik Anies-Sandi yang dimaksud adalah yang dibangun di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yakni Klapa Vilage. Hunian berbentuk rumah susun milik (rusunami) tersebut berharga Rp185 juta (Tipe 21/Studio) dan Rp320 juta (Tipe 36/ada kamar). Rusunami ini akan dibangun dalm dua menara setinggi 20 lantai.

Jadi, kalau tanpa subsidi DP dari Pemprov DKI, kamu masih berminat?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me