Menperin Airlangga: Sektor Bahan Bangunan Serap Dua Juta Tenaga Kerja

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Ajang pameran bahan bangunan Megabuild 2018 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 15-18 Maret 2018. Megabuild 2018 juga menghadirkan pameran produk keramik Keramika 2018 dan Security, Safety & Fasility Management System (SSF) Expo. Jadi, Megabuild 2018 memamerkan produk bahan bangunan dan industri terkait secara lebih lebih lengkap termasuk sistem teknologi dan keamanannya.

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto yang membuka pameran, industri bahan bangunan dan bisnis terkait telah menyumbang perekonomian dan penyerapam tenaga kerja yang besar. Pengembangan proyek properti dan infrstruktur langsung berdampak pada peningkatan skala bisnis sektor ini.

“Tahun ini pemerintah menargetkan bisa mengembangkan investasi di sektor ini hingga Rp370 triliun. Industri ini menyerap tenaga kerja langsung 170 ribu orang, dan bila digabung dengan para pekerja seperti tukang dan lain-lain mencapai dua juta orang,” katanya dalam sambutan pembukaan Megauild 2018, Kamis (15/3/2018).

Karena itu bisnis bahan bangunan telah menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian nasional. Potensi pertumbuhannya juga sangat besar dibanding negara-negara tetangga bila dihitung dari konsumsi rata-rata per kapita.

“Industri bahan bangunan kita baru 1,4 meter persegi (m2) per kapita. Bandingkan dengan negara lain yang sudah tiga meter persegi. Makanya saya bilang sektor ini sangat potensial untuk berkembang lebih tinggi dan besar. Di sisi lain kita juga harus terus mendorong dari sisi kualitas karena beberapa produk bahan bangunan sudah berkembang menjadi produk lifestyle sehingga desain, kualitas, efisiensi, dan lainnya juga harus terus ditingkatkan,” jelasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me