Mana Aja Sih Tol Trans-Sumatera yang Bisa Dilewati Mudik Lebaran 2018?

Big Banner
Jalan Tol Trans-Sumatera di wilayah Medan. Foto: Rumah123/Dok. Kementerian PUPR

  

Kalau jalan tol Jakarta-Surabaya bakal bisa dilintasi pada mudik Lebaran tahun ini (16-17 Juni 2018), begitu juga agaknya dengan jalan Tol Trans-Sumatera. Jalan raya tanpa hambatan di Sumatera ini juga sudah ada yang bisa dilewati saat Lebaran nanti.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) seperti dikutip detikFinance, Selasa (13/3/2018), setidaknya ada 194,17 kilometer (km) jalan Tol Trans-Sumatera yang bisa kamu jajal untuk mudik Lebaran tahun ini. Rinciannya, 127,06 km jalur fungsional (gratis) dan 67,11 km jalur operasional (berbayar).

Baca juga: Tahun Ini, Cuma Mobil Saja yang Bisa Melewati Jalur Mudik Trans Jawa dan Sumatera

Tol pertama dari ujung selatan Pulau Sumatera yang bisa dilewati adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Sepanjang 8,9 km dari Paket 1 (Pelabuhan Bakahueni-Sidomulyo) bisa dilewati secara operasional sedangkan sisanya 21,6 km lagi dilewati secara fungsional.

Kalau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, ruas selanjutnya yang bisa dilewati adalah Paket 2, Segmen Lematang-Kota Baru sepanjang 35,48 km. Dari panjang tersebut, 5 km di antaranya bisa dilewati secara operasional.

Sedangkan sisa jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang bisa dilalui adalah Paket 3 dari Kota Baru menuju Metro 29 km dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar sepanjang 31,8 km. Keduanya bisa dilewati secara fungsional.

Baca juga: Tol Trans Jawa dan Sumatera yang Bisa Jadi Alternatif Jalur Mudik Tahun Ini!

Jalan Tol Palembang-Indralaya. Seksi 1 dari Palembang ke Pamulutan sepanjang 7,75 km dapat dilewati secara operasional, sedangkan seksi 2 (Pamulutan-KTM) 4,9 km dan seksi 3 (KTM-Indralaya) 9,28 km bis akamu lalui secara fungsional.

Selain dua ruas tol tadi, ada dua Ruas Tol Trans-Sumatera lainnya yang bisa kamu jajal saat mudik Lebaran nanti, yakni Tol Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 (Helvetia-Binjai) dan Medan-Kualanamu Tebing Tinggi Seksi 1-4 (Tanjung Morawa-Perbaungan). Kedua ruas tol itu juga bisa dilewati secara operasional.

rumah123.com