Tabrak Pejalan Kaki, Uber Hentikan Sementara Uji Coba Mobil Tanpa Sopir

Big Banner
Mobil Tanpa Sopir yang Dioperasikan Uber (Rumah123/Dezeen)

Seorang wanita meninggal dunia setelah ditabrak oleh kendaraan tanpa sopir. Insiden ini terjadi di negara bagian Arizona, Amerika Serikat pada Minggu, 18 Maret 2018 waktu setempat.

Korban meninggal meski sempat dilarikan ke rumah sakit. Mobil yang menabrak korban merupakan milik perusahaan aplikasi transportasi terbesar di dunia, Uber.

Baca juga: Mau Ngebut Pakai Tesla Roadster? Awas, Nabrak Tiang Listrik

Polisi setempat menyatakan kalau mobil tanpa sopir milik Uber ini sedang beroperasi dengan mode dipandu komputer. Mobil ini sedang tidak membawa penumpang.

Hal ini menjadi insiden fatal pertama antara pejalan kaki dan mobil tanpa sopir. Laporan saksi menyatakan kalau korban berjalan di luar area menyeberang yang telah disediakan.

Baca juga: Di Jerman Sudah Ada Bus Tanpa Sopir, Kalau di Indonesia Kapan Ya?

“Kami merasakan hal yang sama dengan keluarga korban. Kamu akan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menyelidiki insiden ini,” begitu cuitan akun Twitter milik Uber seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Chief Executive Officer (CEO) Uber, Dara Khosrowshahi juga menyampaikan ucapan bela sungkawa via Twitter, “Ada berita duka dari Arizona. Kami juga memikirkan keluarga korban, kami juga bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memahami apa yang terjadi.”

Baca juga: Mobil Pintar yang Bisa Ajak Sopirnya Ngobrol, Mau Diajak Curhat Ga Ya?

Uber sudah menguji coba kendaraan tanpa sopir di beberapa negara bagian di Amerika Serikat sejak Agustus 2016. Uji coba juga dilakukan di negara tetangga, AS yaitu Kanada. Uji coba hanya dilakukan pada wilayah yang memiliki undang-undang yang mendukung adanya mobil tanpa sopir.

Setelah kejadian ini, Uber menghentikan sementara uji coba di beberapa kawasan di AS seperti di Phoenix, Pittsburgh, San Francisco, dan Toronto. Saat ini, investigas kejadian masih dilakukan.

Baca juga: Mobil Listrik Tanpa Sopir Jadi Kendaraan Masa Depan, Rumah Masa Depannya Mana?

Wah, seperti apa sih mobil tanpa sopir? Mungkin ngeri, takjub, khawatir, deg-degan saat duduk di kursi penumpang mobil ini ya?

Apalagi kalau mobil tanpa sopir ini diuji coba di Indonesia ya. Jalan raya penuh dengan motor, ojek online, bus yang ugal-ugalan, dan mikrolet yang ngetem. Hmm, operator mobil bakal pusing tuh.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me