Hotel Grand Diara Raih Rekor MURI Sematkan Batik Nusantara Sebagai Dekorasi

Big Banner

Cisarua, mpi-update. Grand Diara Hotel, Grand Diara merupakan hotel bintang 3 yang berada di jalan utama Puncak – Cisarua, Jawa Barat meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebagai Hotel Dengan Dekorasi Batik Nusantara Terbanyak. Total ada lebih 60 motif batik yang dipasang disetiap koridor.

Batik-batik yang dipajang didatangkan langsung dari daerah asalnya, mulai dari Aceh hingga Papua. Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan di Grand Diara Hotel, Puncak – Cisarua, Jawa Barat (20/3), bertepatan dengan ulang tahun Grand Diara Hotel ke-2. Penghargaan diberikan langsung oleh Yusuf Ngadri, Senior Manager MURI kepada Nanda Widya, Direktur Utama Grand Diara Hotel. “Tentu ini menjadi kebanggan tersendiri buat kami,” ucapnya.

“Kami ingin Grand Diara menjadi salah satu pelopor pelestarian batik. Sehingga batik sebagai “identitas” bangsa, bukan sekedar jargon, tetapi juga bisa diresapi dan diterapkan dalam keseharian. Karena batik Nusantara sudah sangat mendunia dan bahkan diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Kita harus terus menjaganya,” terang Listura, General Manager Grand Diara Hotel.

Koleksi batik yang mengisi tiap sudut interior Grand Diara, memiliki aneka motif dan corak yang beragam. Selain murni buah tangan pengrajin daerah asal, sebagian batik yang dipajang juga berasal dari kreasi desainer ternama. Sehingga perpaduan batik modern dan tradisional, kian terasa elok menghiasi dinding-dinding hotel. “Ternyata batik tidak hanya indah ketika dipakai. Saat dipajang pun menghadirkan estetika yang sangat menyejukan mata,” jelas Listura.
Selain di area koridor, koleksi batik milik Grand Diara juga menghiasi sisi-sisi kamar hotel. Bedanya, batik-batik yang terpasang di dalam kamar, dimodifikasi secara digital dengan sentuhan seni grafis modern. Sehingga menghasilkan mahakarya seni yang unik, tanpa mencederai nilai-nilai keaslian dari batik itu sendiri.
Upaya pelestarian batik Grand Diara tidak berhenti sampai disitu. Manajemen Grand Diara juga mencetak buku berjudul ‘Batik Negeriku – Koleksi Batik Grand Diara Hotel’. Buku-buku itu diletakkan di masing-masing kamar hotel. Sebagai bentuk promosi tambahan kepada setiap tamu, akan pentingnya mengenal batik nusantara.
“Buku ini juga menjadi rujukan untuk lebih mengetahui koleksi batik apa saja yang tersedia di Grand Diara,” pungkas Listura.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me