Kalau ke Tempat Kerja Ga Makan Waktu Banyak, Hidupmu Bisa Berkualitas Deh!

Big Banner
Hunian berkonsep TOD di Dubai. Foto: Rumah123/Getty

 

Buat kamu yang beraktiviitas atau bekerja “9 to 5” di perkotaan, kesehatan menjadi hal penting, bukan? Namun, ironisnya justru kesehatanlah yang sulit kamu miliki, ya kan? Untuk mencapai kondisi sehat, atau berupaya supaya tetap sehat, tak mudah mencapainya dalm kondisi kota besar seperti Jakarta yang berpolusi dan mecet sehari-hari.

Kondisi kota yang berpolusi dan jalan rayanya yang macet mungkin itu di luar kendali kamu, tak banyak yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Tapi, gimana dengan kendali dari kamu sendiri? Semisal kamu yang memutuskan tinggal di hunian yang seperti apa dan kamu tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga.

Baca juga: Perumnas Bangun Hunian TOD, Solusi Kemacetan Kota Nih!

Kalau tentang hunian, kamu mungkin bisa memilih hunian yang efisien, yang tak makan waktu banyak saat kamu mencapainya. Salah satu alternatifnya adalah hunian yang terintegrasi dengan moda transportasi umum semisal hunian di stasiun kereta, terminal bus, atau bandar udara. Hunian seperti ini disebut hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Di luar negeri, hunian berkonsep seperti ini telah berkembang, sementara di Indonesia trennya baru saja dimulai.

Nah, sekarang gimana tentang menjaga kesehatan diri dan keluarga, bagaimana kita bisa mengupayakannya? Tentu saja kesehatan yang permanen harus diupayakan melalui gaya hidup sehat. Gaya? Ya iyalah, karena kesehatan gak bisa dicapai hanya dengan upaya yang sekali-sekali saja, perlu melaksankannya dari hari ke hari sehingga menjadi gaya hidup.

Baca juga: Tinggal di Hunian TOD, Bikin Punya Banyak Quality Time Deh!

Berikut ini langkah-langkah awal agar kamu bisa bergaya hidup sehat:

Mengetahui kondisi kesehatan sekarang.

Dengan mengetahui kondisi kesehatan sekarang tentunya akan menjadi motivasi sendiri untuk menjalankan pola hidup sehat. Lakukan pemeriksaan kesehatan lengkap secara berkala dan rutin untuk mengetahui penyakit kamu.

Evaluasi aktivitas fisik.

Jika ingin menerapkan pola hidup sehat, maka kamu disarankan pakar untuk berolahraga paling sedikit 30 menit setiap hari, agar otot menjadi kencang dan tubuh menjadi lebih bugar. Untuk jenis olah raga tidak ada patokan, bisa menyesuaikan dengan kesenangan masing-masing.

Mengetahui kondisi kesehatan orang terdekat kamu.

Orang terdekat yang dimaksud di sini, yakni istri, anak, dan orang tua. Dengan mengetahui kondisi kesehatan orang terdekat, sedikit banyak akan membuat kamu tenang, sehingga terbebas dari depresi dan stres. Dengan saling dukung akan membantu kamu dalam menjalankan pola hidup sehat.

Baca juga: Melongok Hunian TOD di Luar Negeri, Kayak Apa Sih?

Menghentikan kebiasaan buruk.

Menghentikan kebiasaan buruk semisal merokok, minum alkohol, dan konsumsi makanan siap saji, yang bisa mengakibatkan penyakit serius sebut saja penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Dengan menghentikan semua kebiasaan buruk di atas akan membuat kamu lebih sehat.

Makan makanan sehat.

Makanan sehat yakni buah dan sayur harus jadi pilihanmu. Jangan lupa minum air putih paling sedikit 8-10 gelas setiap hari.

 

 

 

 

 

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me