Orang Semarang Lebaran Tahun Ini Udah Punya Bandara Internasional Lho!

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

 

Buat kamu yang tinggal di Semarang dan sekitarnya atau di Jawa Tengah, mungkin ga harus keluar kota atau luar provinsi untuk berpergian ke mancanegara. Pasalnya, sebelum Lebaran tahun ini (2018) atau pada Mei mendatang, Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, sudah bisa beroperasi.

Bandara baru tersebut merupakan proyek strategis nasional. PT Angkasa Pura I merancang bandara baru ini dengan luas 9 kali lipat dari bandara yang lama. Mengapa diperluas? Karena kapasitas bandara lama hanya bisa menampung 800 ribu penumpang per tahun, sementara faktanya ada 4,4 juta penumpang setiap tahun. Setelah diperluas, targetnya bisa menampung 6-7 juta penumpang per tahun.

Baca juga: Kota Tua Bukan Cuma di Jakarta Lho! Di Semarang Juga Ada

Direktur Teknik PT Angkasa Pura I Cabang Ahmad Yani, Semarang, I Ketut Aryana, menjelaskan, target minimal yang harus dioperasikan sebelum Lebaran adalah selesainya sejumlah bangunan baik keberangkatan maupun kedatangan.

Baca juga: Semarang dan Jakarta Jadi Model Kota Tangguh

“Akses ke terminal juga harus jadi. Tangga, eskalator, juga harus tuntas,” kata Ketut seperti dikutip Kompas.com, Minggu (25/3/2018). Begitu pula dengan ruang kedatangan yang harus siap digunakan, yakni ruang imigrasi, servis, apron, dan menara kontrol.

“Seandainya belum jadi, kami terpaksa menggunakan tower lama. Termasuk pengamanan keamanan,” kata Ketut.

Nah, dari sekarang kamu yang menghuni atau bakal beli hunian di Semarang dan sekitarnya udah bisa ancer-ancer nih, kalau mau berpergian pake pesawat dari Semarang ke luar negeri.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me