Butuh Dokumen Apa Aja Sih untuk Bikin Sertifikat Tanah?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

 

Sekarang ini kamu perlu tahu bahwa untuk mengurus sertifikat tanah tidaklah susah alias mudah. Dari mulai proses pengukuran, pencatatan data, sampai sertifikat terbit, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk bikin sertifikat tanah, ada 2 prosedur yang bisa kamu tempuh. Pertama, melalui pengajuan individu atau dengan bantuan notaris. Kedua, mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dikoordinasi pemerintah secara gratis. Kalau kamu mengajukan sendiri, maka ada biaya administrasi sesuai dengan luas lahan yang kamu miliki.

Dokumen apa aja yang perlu kamu bawa? Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur, M Unu Ibnudin, seperti dikutip finance.detik.com, Senin (26/3/2018), menjelaskan bahwa dokumen penunjang yang harus kamu lengkapi tergantung pada jenis tanah yang akan kamu sertifikatkan.

Baca juga: Urus Rumah yang Belum Bersertifikat Tuh Gimana Ya?

Dua jenis tanah yang bisa diproses untuk sertifikat yaitu tanah negara dan tanah adat atau tanah perorangan.

Kelengkapan dokumen untuk tanah negara:1. KTP asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.2. Kartu Keluarga.3. Bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun berjalan.4. Kartu kavling.5. Advis planing.6. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)7. Akta Jual Beli (AJB)8. Surat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)9. Pajak Penghasilan (PPH

Baca juga: Cara Cepat Urus Tanah Girik Jadi Bersertifikat, Mau Tahu?

Kelengkapan dokumen untuk tahan girik milik adat:1. KTP asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.2. Kartu keluarga3. Bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun berjalan.4. Surat riwayat tanah.5. Leter C atau girik.6. Surat pernyataan tidak ada sengketa.7. Akta Jual Beli (AJB)8. Surat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)9. Pajak Penghasilan (PPH).

“Kalau ada, juga sekalian dibawa surat keterangan waris, kan ada tanah milik pribadi ada tanah waris. Setelah itu ada keterangan penguasaan fisik yang (surat keterangannya) bisa didapatkan di kelurahan, keterangan bebas sengketa juga ada di kelurahan. Kalau sudah lengkap ini, bukti-bukti pajak kalau ada, kalau sudah lengkap baru daftar untuk pengukuran,” kata Unu.

Setelah dokumen sudah kamu lengkapi, bisa langsung mendaftar. Selanjutnya, kamu menrima Surat Tanda Terima (STT). Lalu, langsung ke bagian Surat Perintah Stor (SPS). Kemudian, kamu langsung ke ATM atau bank setempat. “Mau di sin,i mau di ATM manapun bisa,” kata Unu.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me