Dua Bulan Pertama 2018 Ciputra Bukukan Penjualan Rp1 Triliun

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Ciputra Development Tbk (CTRA), pengembang kawasan perumahan dan komersial di berbagi kota di Indonesia, mencatat total pendapatan Rp6,4 triliun sepanjang 2017 atau turun empat persen dibanding 2016 yang Rp6,7 triliun.

Klaster The Leaf di kawasan CitraRaya, Tangerang, Banten, salah satu proyek Ciputra Development. (Foto : HousingEstate/Susilo Waluyo)

Klaster The Leaf di kawasan CitraRaya, Tangerang, Banten, salah satu proyek Ciputra Development. (Foto : HousingEstate/Susilo Waluyo)

Pendapatan dari pengembangan properti yang meliputi penjualan rumah, ruko, tanah, apartemen, dan gedung perkantoran tercatat Rp4,7 triliun atau turun delapan persen dibanding 2017 yang Rp5,1 triliun. Sedangkan perolehan dari pendapatan berulang yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, kantor, dan rumah sakit mencapai Rp1,7 triliun atau tumbuh tujuh persen dibanding tahun 2016. Begitu pula pendapatan dari sewa pusat perbelanjaan, hotel, dan ruang kantor naik satu persen, tujuh persen dan 15 persen.

Secara keseluruhan segmen pendapatan berulang memberikan kontribusi 27 persen dari total pendapatan 2017. Berdasarkan kinerja itu perolehan laba bersih CTRA tahun 2017 mencapai Rp894 miliar atau turun 12 persen dari tahun 2016. CTRA optimis laba bersih tahun ini  akan naik seiring peningkatan penjualan yang belum dilaporkan tahun lalu.

Pencapaian penjualan atau marketing sales dalam dua bulan pertama tahun ini sudah mencapai Rp1,0 triliun atau tumbuh 18 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Karena itu kami optimis bisa mencapai target tahun ini Rp7,7 triliun dengan mempertimbangkan keragaman produk, cakupan geografis dan merek yang kuat,” kata Direktur Utama CTRA Candra Ciputra, melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Saat ini CTRA mengembangkan dan mengelola 76 produk residensial dan komersial di 33 kota di seluruh Indonesia. Properti residensial yang dikembangkan meliputi landed house (rumah tapak) dan high rise (apartemen). Sedangkan properti komersial meliputi pusat perbelanjaan, hotel, perkantoran, pergudangan, lapangan golf dan tempat rekreasi, serta rumah sakit.

Empat proyek residensial baru yang diluncurkan sepanjang 2017 lalu di antaranya apartemen Barsa City Yogyakarta, perumahan CitraLand Cibubur (220 ha) di Kota Bekasi (Jawa Barat), perumahan terpadu CitraLand Tallasa City Makassar (70 ha) di Sulawesi Selatan, dan apartemen CitraPlaza Nagoya (1,3 ha) di Batam.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com