Ga Usah Galau! Di Jakarta Timur Masih Ada Rumah dengan Harga Terjangkau

Big Banner
Prajawangsa City, salah satu hunian vertikal yang berlokasi di Jakarta Timur. Foto: Rumah123/Prajawangsa City

  

Kalau kamu ingin tinggal di Jakarta, tapi harganya masih bersahabat dengan kantongmu, maka pilihlah wilayah Jakarta Timur. Pasalnya, harga tanah di Jakarta Timur saat ini yang termurah ketimbang 4 wilayahnya yang lain. Paling ga, gitu sih yang dilaporkan hasil survei Indonesia Property Watch (IPW) di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Kisaran harga tanah di Jakarta Timur saat ini sekitar Rp7 jutaan per meter persegi. Jauh banget kalau dibandingkan dengan Jakarta Barat yang sekitar Rp11 jutaan), Jakarta Utara Rp17 jutaan, Jakarta Selatan Rp18 jutaan, dan Jakarta Pusat Rp19 jutaan.

Baca juga: Sayana Apartments Bidik Pangsa Pasar Mahasiswa dan Pekerja di Kota Harapan Indah

Artinya apa sih harga-harga tanah tersebut buat kamu? Ya, kalau harga tanahnya lebih murah, maka kemungkinan besar harga bangunan huniannya pun jatuhnya bisa lebih murah. Ingat ga? Pemprov DKI Jakarta juga memulai pembangunan hunian DP Nol Rupiahnya di wilayah Jakarta Timur, karena kalau bangun di 4 wilayah Jakarta yang lain, harganya bisa lebih mahal jadinya.

“Ini sebenarnya datanya lebih banyak saya berikan ke Pemda DKI ya. Bahwa harga tanah di Jakarta Timur ini sangat rendah dibandingkan yang lain-lain,” kata Head of Research DPP Real Estate Indonesia, Handa Sulaiman, seperti dikutip Kompas.com, Senin (2/4/2018).

Baca juga: Prajawangsa City Tawarkan Solusi Hunian bagi Kamu Milenial, Mau?

Meskipun harga tanahnya lebih murah, tapi soal pergerakan harganya untuk 4 tahun belakangan ini, Jakarta Timurlah yang pergerakan harga tanahnya paling tinggi dibandingkan dengan ke-4 wilayah Jakarta yang lain, yakni 5,19%.

Apa pula kata Departemen Riset Savills Indonesia, Anton Sitorus? Ia menyatakan bahwa berbeda dengan 4 kawasan Jakarta yang lainnya, yang cenderung sudah ramai sehingga menimbulkan persaingan harga yang semakin ketat akibat mahalnya harga tanah, kawasan Jakarta Timur lebih prospektif untuk dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan. Ibaratnya, Jakarta Timur adalah kawasan emas atau sun rise property area.

Baca juga: Lifestyle Center “New East” Jadi Meeting Point Baru di Jakarta Timur

Lebih-lebih saat ini juga lagi dibangun beberapa proyek infrastruktur prestisius di wilayah Jakarta Timur, contohnya proyek Light Rail Transit (LRT), kereta cepat Jakarta-Bandung, dan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Jadi, kalau kamu pengen tinggal di Kota Jakarta tapi budget kamu minim, pilih aja hunian (mau rumah tapak atau hunian vertikal) di wilayah Jakarta Timur!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me