Changi Bandara Terbaik, Soekarno Hatta Nomor 44

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bandar udara (bandara) internasional Changi di Singapura kembali menempati tempat teratas sebagai bandara terbaik se-dunia. Posisi itu sudah enam tahun tanpa jeda dipegang Changi.

Terminal 4 Changi Airport. (Foto: Discover Changi)

Terminal 4 Changi Airport. (Foto: Discover Changi)

Demikian hasil survei tahunan Skytrax atas bandara-bandara di dunia. Skytrax adalah lembaga riset dan konsultan kualitas industri penerbangan yang berbasis di London, Inggris, dan berdiri tahun 1989.

Dalam gelaran tahunan itu Changi juga meraih predikat Best Airport Leisure Amenities. Bandara ini memang terus meningkatkan layanannya, antara lain dengan mengembangkan terminal serta fasilitasnya dan teranyar meluncurkan Terminal 4 tanggal 31 Oktober 2017.

Tambahan terminal ini membuatnya tahun lalu mencapai rekor baru, melayani 62,2 juta penumpang. Saat ini Changi sedang membangun runway ketiga dan terminal kelima yang tak kalah canggih dengan terminal empat, dan akan dilengkapi fasilitas belanja dan makan.

Menurut Lee Seow Hiang, Chief Executive Officer of Changi Airport Group, fasilitas terbaru yang disebut the Jewel itu siap beroperasi tahun depan.

Menariknya hasil survei tahun ini, bandara-bandara terbaik di dunia ditempati bandara yang ada di wilayah Asia. Peringkat kedua kali ini ditempati Incheon International Airport (Seoul-Korea Selatan), disusul Tokyo International Airport di Haneda (Tokyo, Jepang). Kedua bandara ini bertukar tempat. Tahun lalu Haneda menempati posisi kedua.

Yang juga naik peringkat adalah Hong Kong International Airport dari posisi kelima (2017) menjadi keempat tahun ini, menggeser Munich Airport di Jerman yang tahun ini harus bertengger di posisi keenam, di bawah Hamad International Airport di Doha (Qatar) yang berada di peringkat kelima.

Adapun peringkat ketujuh ditempati Chubu Centrair, Nagoya-Jepang, dan posisi paling buncit Bandara Frankfurt, Jerman, yang tak bergeser dari posisi tahun lalu.

Di benua Eropa, bandara Munich menempati tempat teratas mengalahkan Heathrow di London (Inggris) yang ada di posisi kedelapan dan bandara Zurich di Swiss yang menempati peringkat sembilan.

Tidak ada satupun bandara di wilayah Amerika yang masuk dalam jajaran 10 teratas.  Di wilayah yang berjuluk Benua Merah ini peringkat tertinggi diraih Bandara Vancouver, Kanada, sementara bandara JFK di New York, AS, hanya ada di peringkat 69.

Sementara peringkat Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang (Banten) tahun ini merosot dari peringkat 44 (2017) ke 45, di bawah Kuala Lumpur International Airport (Malaysia) di peringkat 44 dan Suvarnabhumi di Bangkok (Thailand) di peringkat 36

Terbersih

Lalu bandara mana yang terbersih? Gelar ini dinobatkan kepada Tokyo International Airport (Haneda), kemudian Chubu Centrair Nagoya, lalu Incheon International Airport. Sementara Changi hanya ada di posisi kelima dikalahkan TaoyuanAirport di Taiwan.

Sumber: Skytrax

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me