Interior MPI: Energi Baru dari Rumah Bergaya Marocan Style

Big Banner

Rubriuk interior Majalah Properti Indonesia edisi maret 2018 lalu, mengulas interior dengan judul Energi Baru dari Rumah Bergaya Marocan Style. Gaya arsitektur Morocan style yang kokoh dengan desain ukiran dan interior warna-warni menyala menjadikan rumah tampak wah juga nyaman.

Marrocon style atau bergaya Maroko merupakan salah satu desain rumah khas timur tengah yang cukup banyak diadaptasi masyarakat Indonesia.

Dengan memadukan Moorish architecture seperti rumah-rumah di Spanyol, Portugal, dan India, menjadikan rumah bergaya Maroko memiliki ciri khas tersendiri, yaitu unik dan berbeda dengan bangunan rumah pada umumnya.
Beberapa karakteristik yang paling umum dari Moorish architecture dapat dilihat dari lengkungan, kubah, halaEnergi man, dan penggunaan ubin dekoratif yang dijadikan satu ruangan. Bentuk arsitektur lengkungan runcing
selalu digunakan dalam hampir seluruh aspek arsitektur Maroko.

Desain interior pintu yang digunakan biasanya berukuran besar dan dekoratif. Pintu biasanya juga dihiasi dengan ukiran dan warna-warna yang cerah. Sedangkan jendela dalam arsitektur Maroko biasanya tidak memiliki suatu keunikan dalam desainnya.

Interior penuh warna Ciri fisik rumah bergaya Maroko sangat kental dengan interior warna-warni yang terang menyala. Warna cerah dan menyala seperti warna hijau dan biru mewakili dari warna laut Mediterania yang berdekatan dengan Maroko. Begitu juga dengan warna merah, kuning dan oranye representasi dari warna gurun Sahara. Panduan warna berani memberikan energi baru bagi penghuni setelah lelah beraktivitas.

Maroko kaya akan bahan tekstil dengan motif yang beragam tentunya juga dalam warna-warna cerah. Dandani interior rumah dengan hiasan dinding berupa tapestry, kemudian pada ruang tamu ataupun kamar tidur dengan sarung bantal, throw, dan karpet. Agar tidak terlihat terlalu ramai, padankan ragam motif ini hanya dalam satu atau dua warna yang komplemen. Salah satu yang khas dari gaya Maroko ialah plushy furniture, floor pillow, dan ottoman. Intinya ialah banyak bantal berbagai ukuran dan furnitur yang empuk.

Untuk ruang tamu pilihlah bantal dengan warna-warni khas Maroko yang dipadukan dengan meja tamu berukuran rendah. Mengadopsi gaya Arab, cara menggunakannya adalah dengan duduk bersila di lantai, menggunakan bantal bermotif sebagai alas.

Namun ada juga yang memilih menggunakan furnitur berwarna gelap, dengan bentuknya yang eksotis namun tetap kokoh. Furnitur sebagian besar dibuat dari besi tempa yang ditatah dengan pola-pola mosaik. Pola Mosaik ini semakin banyak kita temui pada bagian atas meja, pada sisi-sisi cermin, atau pada jendela hingga seni kaligrafi ini terukir cantik dalam warna-warna cerah pada ubin maupun artwork yang sontak membuat ruangan lebih berwarna.
Aksesoris lainnya yang sangat khas Maroko seperti lampu hias, maupun lampu gantung berdesain eksotis dengan tirai kanopi yang menjuntai bisa menjadi alternatif dekorasi yang menghangatkan rumah.

Pada lampu khas Maroko biasanya terdapat shading sehingga cahayanya terlihat sedikit redup, lembut, dan tak terlalu kontras. Shading biasanya terbuat dari besi, kaca, atau manik-manik. Cahaya yang cenderung minimal ini akan semakin membuat suasana ruangan menjadi misterius. Sementara itu dekorasai ala Maroko ini dipilih dari kain yang berwarna terang dan sedikit tebal.

Kain yang terang ini berfungsi memberikan kontras pada furnitur-furnitur yang cenderung gelap. Kain ini bisa digunakan untuk melapisi meja, bantal kursi, atau furnitur lain. Adapun kain-kain yang lebih tipis dan ringan biasa digunakan sebagai gorden atau kelambu pada tempat tidur.

Misalnya, untuk sprei atau sarung batal, maka kain sutra atau kain yang halus yang digunakan. Sedangkan untuk furnitur, tak jarang bahan-bahan dari kulit binatang sering dipilih sebagai pelapis bagian luarnya. Terakhir, permadani merupakan benda yang tak boleh dilewatkan dari furnitur ala Maroko ini. MPI DR

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me