Rubrik Desain MPI: Serba Teratur dalam Balutan Kontemporer

Big Banner

Rubrik desain Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Maret lalu menurunkan ulasan desain dengan tema Serba Teratur dalam Balutan Kontemporer. Gaya desain interior kontemporer tak akan pernah lekang dimakan jaman. Ia selalu mencitrakan vista ruang yang rapi dan bersih. Sebuah gaya desain yang klop untuk merepresentasikan jaman now.

Dalam dunia arsitektur maupuninterior, gaya kontemporer didefinisikan secara luas sebagai gaya bangunan kekininan. Desain interior bergaya kontemporer ini sudah menjadi gaya favorit banyak orang untuk huniannya. Desainnya yang elegan, sederhana, dan tampilan modernnya berhasil memikat banyak orang untuk mengaplikasikan gaya ini pada hunian mereka.

Ciri-ciri yang mendasar pada gaya kontemporer terliahat pada konsep ruang yang terkesan terbuka atau open plan, harmonisasi ruangan yang menyatu dengan ruang luar, memiliki fasad yang terbuka. Arsitektur ini dikenali lewat karakter desain yang praktis dan fungsional dengan pengolahan bentuk geometris yang simple dan warna-warna netral dengan tampilan yang bersih.

Penggunaan jendela besar, serta kombinasi bentuk yang unik dan aneh. Banyak menggunakan material alam.

Detail detail bergaris lurus. Kenyamanan dan awat tahan lama merupakan nilai penting dalam bangunan kontemporer. Sementara, dalam hal interior desain kontemporer banyak berpadu dengan tata cahaya untuk menghasilkan kesan ruang yang selalu segar.

Selain itu, gaya desain interior kontemporer, yang merujuk pada gaya dan trend masa kini, dalam beberapa hal dapat mengakomodasi ciri khas yang di bawa pada desain interior modern. Salah satu apartemen yang ikut mengimplementasikan gaya desain tersebut adalah Apartemen NavaPark yang tercermin lewat unit contohnya.

Apartemen hasil kolaborasi Sinar Mas Land dan Hong Kong Land ini, menempati lahan seluas 68 hektar di kawasan BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Tower tersebut diberi nama Marigold

Condominium dan akan dibangun sebanyak enam menara dengan ketinggian 17 lantai dengan total 600-an unit. Tipe yang ditawarkan adalah tipe 1 Bed Room (BR), 2 BR, 2 BR Superior dan 3 BR Deluxe. Dengan luasan untuk tipe 1 BR seluas 43.11 m2, 2 BR seluas 77.64 m2, 2 BR Superior seluas 95 m2 dan 3 BR Deluxe 112.21 m2. Marigold Condominium dipasarkan dengan harga mulai dari Rp1,4 miliar hingga Rp3,8 miliar.

Dept. Head Sales NavaPark Riyani Dewi mengatakan, penerapan desain modern kontemporer pada show unit Apartemen NavaPark mencerminkan gaya hidup yang modern dan mewakili tren yang berkembang saat ini. “Konsep tersebut dipilih karena dianggap sesuai dengan target market yang diinginkan oleh developer. Selain itu, dahulu segala yang eksklusif selalu identik dengan gaya klasik. Namun, kini, tren kekinian adalah menghadirkan kesan eksklusif dalam gaya kontemporer yang modern,” jelasnya.

Gaya tersebut tersari dari layout unit yang luwes dalam menterjemahkan kebiasaan atau lifestyle penghuni. Misalnya, ruang duduk untuk mendesain hunian mengadopsi gaya hidup kaum urban yang modern, dimana ruang-ruang dalam hunian vertikal ini dibuat secara fungsional. Termasuk, pemilihan warna yang natural sehingga memberi kesan santai dan hangat.

Sofa berukuran sedang dengan warna putih dan single sofa berwarna cokelat sengaja diletakkan pada sisi ruangan untuk memperkuat aksen kontemporer. Selain itu, sebuah meja berbentuk oval yang digandeng dengan rak televisi bermaterial kayu cokelat gelap, menjadi perpaduan garis tegas yang menampilkan kesan modern.

Di sisi lain, ada ruang makan yang dihiasi dengan kursi berwarna abu-abu dan meja makan berbentuk persegi panjang bermaterial kayu yang elegan. Sementara, penempatan lampu di atas meja makan dipilih dengan gaya klasik dan memberikan pencahayaan yang maksimal.

Titik yang menarik lainnya adalah ruang kecil yang difungsikan sebagai ruang kerja atau ruang baca. Penataannya cukup sederhana, namun tidak seadanya. Penggunaan material kayu di areal dinding dan lantai dengan adanya aksen garis hitam yang tegas, serta ditanamkan meja dan kursi kerja berwarna cokelat memberikan kesan elegan dan klasik. Selain itu, penambahan cermin pada salah satu sisi dinding yang berhadapan langsung dengan meja kerja memberikan kesan lapang.

Di kamar tidur utama, pendekatan yang sama juga diterapkan untuk membuat ruangan lebih hangat. Penggunaan elemen kayu juga sangat dominan di area ini. Mulai dari dinding menggunakan unsur kayu, serta pelapis lantai yang menggunakan parquet dengan warna alami kayu, sehingga menciptakan suasana kehangatan untuk beristirahat.

Selain itu, perabotan yang ditanamkan di dalamnya juga tak luput dari elemen kayu dengan desain yang simple, namun elegan. Untuk mempermanis ruang, tak luput lampu baca berbentuk persegi dan kursi klasik berwarna cream yang diletakkan di beberapa sudut ruang. MPI RAG

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com