Jangan Halu! Pasanganmu Emang Berpenghasilan Juga, Tapi Belum Berarti Kaya Raya!

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

 

“Beli rumah sih nanti aja kalau udah deket merit.”

“Mumpung belum ada tanggungan, jalan-jalan keliling dunia dululah!”

Mau sampai kapan sih nunda beli hunian sendiri? Yakin nikah dulu baru mau punya rumah? Yakin uangnya bakal cukup kalua udah punya pasangan?

Yang ada, kenyataannya bakal makin rumit atur keuangannya. Meski pasangan kamu nanti juga punya penghasilan, gak lantas uang kamu jadi berlebih lho! Nih, pikir lagi deh!

Baca juga: Ada Subsidi DP dan Diskon 20% untuk Beli Rumah, Manfaatkan!

Jangan cuma mengkhayal punya double income setelah menikah. Lupa ama semua tagihan yang udah harus kamu bayar sendiri. Contohnya nih tagihan listrik, iuran RT/RW, belanja bulanan sekeluarga, gaji asisten rumah tangga, dan masih banyak printilan lainnya.

Iya, bayar sendiri, karena waktu kamu tinggal ama orangtua, kamu cuma tau beres. Makan gak mikir belanjanya, tidur tinggal pasang AC tanpa tau tagihan listriknya, dan baju bersih selalu ada di lemari pakaian tanpa keluarin uang buat bayar asisten rumah tangga yang cuci dan setrika.

Gak malu kalau udah nikah masih nebeng semua itu ama orangtua atau mertua? Yakin mertua mau akur ama menantunya? Yaelahhhh.. apa kata dunia?

Belum lagi kalau cepat punya anak. Bakal ada tambahan biaya ke dokter, jajannya, bajunya, biaya sekolahnya.

Baca juga: Masih Mentingin Gaya Hidup? Mendingan Beli Rumah Deh!

Paling benar itu kamu beli rumah sedini mungkin. Bisa fokus bayar cicilan rumah selagi kamu masih nebeng ama orangtua. Kalau masih single kan malunya gak terlalu amat ya ga? Tenor makin panjang berimbas pada cicilan yang makin ringan.

Keren itu bukan pas kamu bisa keliling dunia, tapi kehidupan sehari-hari masih minta sama orangtua. Anak yang layak dibanggakan itu gak bakal kelamaan nyusahin orangtua. Ketika memutuskan menikah pun kamu jadi anak yang layak dibanggakan karena bisa menjamin kehidupan mereka di rumah sendiri. Pikirin lagi deh!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me